eprintid: 30230 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/02/30 datestamp: 2018-09-21 02:06:05 lastmod: 2018-09-21 02:06:13 status_changed: 2018-09-21 02:06:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Elly Maghfiroh, 1520511006 title: KECERDASAN EMOSI PARA KHĀTIMĀT PADA KHATM AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: A divisions: aq_filis full_text_status: restricted keywords: Kecerdasan, Emosi, Khatm Al-Qur’an. note: Dr. Sekar Ayu Ariyani, M.Ag abstract: Penelitian ini berjudul Kecerdasan Emosi Para Khātimāt Pada Khatm Al- Qur’an di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya sebuah tradisi khatm Al-Qur’an yang tumbuh dan berkembang pada sebuah fenomena sosial, di mana para khātimāt menunjukkan perilaku dan respon yang berbeda-beda manakala menghadapi sebuah kondisi yang berkaitan dengan keadaan emosi dirinya sendiri serta lingkungan dimana mereka menjalin sebuah hubungan di dalamnya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: pertama, untuk mendeskripsikan tradisi Khatm Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Munawwir Krapyak Yogyakarta. Kedua, memaparkan makna Khatm Al-Qur’an bagi pelaku khataman. Ketiga, mengetahui motivasi para santri dalam mengikuti Khatm Al-Qur’an. Keempat, menganalisis pola kecerdasan emosional para khātimāt dalam pelaksanaan Khatm Al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun sumber data adalah data primer, yaitu hasil wawancara dengan informan dan observasi. Sedangkan data sekunder adalah buku, jurnal dan dokumen yang berkaitan. Pengumpulan data diperoleh melalui interview, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan metode analisis kualitatif dan dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi, display dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu: pertama, bahwa Khatm Al-Qur’an merupakan kegiatan pembacaan beberapa ayat al-Qur’an diikuti oleh empat kriteria khātimāt di antaranya khātimāt 30 juz bi al-ḥifẓi (al-Qiyamah 1-40), 15 juz bi al-ḥifẓi (al-An’am 160-165), 30 juz bi an-naẓri (al-Hasyr 18-24) dan juz 30 bi al-ḥifẓi (at-Takaatsur-al-Lahab). Sedangkan pelaksanaannya melalui tiga tahap diantaranya pra latihan, latihan dan Nadwah Khatm Al-Qur’an. Kedua, makna yang muncul dari praktik khatmil qur’an di antaranya: makna penilaian diri secara teliti, kendali diri, adaptibilitas, inisiatif, dorongan prestasi, optimisme, produktif, mengembangkan orang lain, kolaborasi dan kooperasi, kemampuan tim, dan kekuatan pengaruh. Ketiga, terdapat 10 motivasi yang mendasari para khātimāt mengikuti khataman di antaranya: semata-mata mengharapkan ridlo Allah SWT., menjaga kelestarian al-Qur’an, wadah silaturrahim, mengikuti dawuh kyai, mendapatkan sanad dan ijazah, mendapatkan beasiswa belajar dan penghargaan, mendapatkan barakah, harapan supaya rajin belajar al-qur’an, mencontoh sang motivator dari artis Korea dan membahagiakan orang tua. Keempat, pola kecerdasan emosi para khātimāt yang dianalisis berdasarkan teori Daniel Goleman berupa 5 unsur kecerdasan emosi. Pola kecerdasan emosi para khātimāt tersebut diantaranya: memotivasi diri, pantang menyerah, sabar, optimis, mudah memenegemen diri, ketaatan, produktif, kemampuan mengatasi masalah, berfikir positif, dan memiliki sifat kepemimpinan. date: 2018-01-18 date_type: published pages: 210 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: Pascasarjana thesis_type: masters thesis_name: other citation: Elly Maghfiroh, 1520511006 (2018) KECERDASAN EMOSI PARA KHĀTIMĀT PADA KHATM AL-QUR’AN DI PONDOK PESANTREN AL-MUNAWWIR KRAPYAK YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30230/1/1520511006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30230/2/1520511006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf