@mastersthesis{digilib30235, month = {December}, title = {MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM PENGELOLAAN LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI TK YWKA KELURAHAN DEMANGAN KECAMATAN GONDOKUSUMAN YOGYAKARTA}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {1420430005 Miftahurrusydi}, year = {2017}, note = {Dr. Ahmad Arifi, M.Ag.,}, keywords = {Manajemen, pengelolaan lembaga, pendidikan, anak usia dini}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30235/}, abstract = {Manajemen Lembaga Pendidikan di TK YWKA Kelurahan Demangan Kecamatan Gondokusuman Kota Yogyakarta. Tesis, Yogyakarta: Program Magister (S2) Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga, 2017. Tesis ini dilakukan guna untuk mengetahui deskripsi menajemen kepala sekolah di TK YWKA, mengetahui aspek-aspek yang terlaksana dan diprioritaskan oleh kepala sekolah serta mengetahui pentingnya manajemen kepala sekolah terhadap keberhasilan pendidikan di TK YWKA kelurahan Demangan kecamatan Gondokusuman Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan pada tesis ini dengan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Bersumber dari dokumen, baik itu berupa dokumen atau arsiparsip yang berkaitan dengan permasalahan yang teliti dan narasumbernya dari Kepala sekolah, guru, staf dan orang tua siswa. Teknik yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terkait lembaga TK YWKA dengan dilakukan analisis data dan pengujian kredibilitas data dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan, triangulasi, pemeriksaan orang tua maupun pengasuh/guru dan analisis kasus negatif. Hasil pemerolehan menunjukkan bahwa fungsi manajemen yang diterapkan di lembaga TK YWKA dilakukan melalui tahapan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian dengan tahapan awal melakukan rapat besar yang selanjutnya dikoordinasikan kembali kepada yayasan dan komite dan dievaluasi secara bertahap sesuai dengan kondisi yang terjadi di lembaga. Aspek manajemen yang terlaksana di lembaga TK YWKA seperti manajemen keuangan, humas dan pemasaran terlihat belum terealisasi secara keseluruhan karena masih dipegang oleh yayasan dan komite. Sedangkan aspek pentingnya manajemen di TK YWKA ditemukan beberapa faktor seperti adanya faktor pendukung seperti komite, kerja tim, sarana dan prasarana dan latar belakang pendidikan personil pendidik dan kependidikan, adapun faktor penghambatnya dari pengaruh kepemimpinan sebelumnya,sumber sdm, kegiatan luar sekolah dan yayasan.} }