@phdthesis{digilib30242, month = {January}, title = {PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING (PENGAJARAN BERBALIK) TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA PIRI 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {13680019 Gendis Ajeng Puji Lestari}, year = {2018}, note = {Dian Noviar, M.Pd.Si}, keywords = {Model Reciprocal Teaching, Hasil Belajar, Minat Belajar.}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30242/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching (pengajaran berbalik) terhadap hasil belajar biologi pada aspek kognitif siswa kelas X SMA PIRI 1 Yogyakarta T.A 2017/2018 (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching (pengajaran berbalik) terhadap minat belajar biologi siswa kelas X SMA PIRI 1 Yogyakarta T.A 2017/2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan design penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA PIRI 1 Yogyakarta. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas X MIA (kelas eksperimen) dan kelas X IIS (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan angket. Analisis data hasil belajar menggunakan One Way Anova, sedangkan untuk minat belajar menggunakan uji Mann Whitney U. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran reciprocal teaching (pengajaran berbalik) terhadap hasil belajar biologi siswa pada ranah kognitif dengan ditunjukkan p-value sebesar 0,013 {\ensuremath{<}} 0,05. (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran reciprocal teaching (pengajaran berbalik) terhadap minat belajar biologi siswa dengan ditunjukkan p-value sebesar 0,034 {\ensuremath{<}} 0,05.} }