%A 13680019 Gendis Ajeng Puji Lestari
%O Dian Noviar, M.Pd.Si
%T PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING
(PENGAJARAN BERBALIK) TERHADAP MINAT DAN HASIL
BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X SMA PIRI 1 YOGYAKARTA
TAHUN AJARAN 2017/2018
%X Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model
pembelajaran reciprocal teaching (pengajaran berbalik) terhadap hasil belajar
biologi pada aspek kognitif siswa kelas X SMA PIRI 1 Yogyakarta T.A
2017/2018 (2) mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching
(pengajaran berbalik) terhadap minat belajar biologi siswa kelas X SMA PIRI 1
Yogyakarta T.A 2017/2018. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi
experiment (eksperimen semu) dengan design penelitian yang digunakan adalah
nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas
X SMA PIRI 1 Yogyakarta. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil
dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas X MIA (kelas
eksperimen) dan kelas X IIS (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data
menggunakan tes, dan angket. Analisis data hasil belajar menggunakan One Way
Anova, sedangkan untuk minat belajar menggunakan uji Mann Whitney U.
berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang
signifikan model pembelajaran reciprocal teaching (pengajaran berbalik) terhadap
hasil belajar biologi siswa pada ranah kognitif dengan ditunjukkan p-value sebesar
0,013 < 0,05. (2) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran
reciprocal teaching (pengajaran berbalik) terhadap minat belajar biologi siswa
dengan ditunjukkan p-value sebesar 0,034 < 0,05.
%K Model Reciprocal Teaching, Hasil Belajar, Minat Belajar.
%D 2018
%I UIN SUNAN KALIJAGA
%L digilib30242