%0 Thesis %9 Skripsi %A Lita Lestiana, 13680020 %B FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI %D 2018 %F digilib:30243 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Model Team Assisted Individualization (TAI), Motivasi Belajar, Hasil Belajar. %P 151 %T PENGARUH MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) MATERI SISTEM PENCERNAAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30243/ %X Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model Team Assisted Individualization (TAI) terhadap motivasi belajar siswa (2) mengetahui pengaruh model Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan design penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 3 Depok. Sampel penelitian terdiri dari tiga kelas yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas VIII B (kelas eksperimen I) VIII D (kelas eksperimen II) dan kelas VIII C (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan angket. Analisis data motivasi dan hasil belajar diolah menggunakan Kruskall Wallis H. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan model Team Assisted Individualization (TAI) terhadap motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai Chi-Squarehitung (52,600) ˃ Chi-Squaretabel (5,991), serta nilai Sig. 0,000 ˂ α 0,05; (2) terdapat pengaruh yang signifikan model Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan nilai Chi-Squarehitung (63,638) ˃ Chi-Squaretabel (5,991), nilai Sig. 0,000 ˂ α 0,05. %Z Sulistiyawati, S.Pd.I, M.Si.