%A 13680020 Lita Lestiana
%O Sulistiyawati, S.Pd.I, M.Si.
%T PENGARUH MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI)
MATERI SISTEM PENCERNAAN TERHADAP MOTIVASI
DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI
%X Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model Team
Assisted Individualization (TAI) terhadap motivasi belajar siswa (2) mengetahui
pengaruh model Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar
siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment (eksperimen
semu) dengan design penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control
group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas VIII SMP
Muhammadiyah 3 Depok. Sampel penelitian terdiri dari tiga kelas yang diambil
dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu kelas VIII B (kelas
eksperimen I) VIII D (kelas eksperimen II) dan kelas VIII C (kelas kontrol).
Teknik pengumpulan data menggunakan tes, dan angket. Analisis data motivasi
dan hasil belajar diolah menggunakan Kruskall Wallis H. Berdasarkan hasil
penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan model
Team Assisted Individualization (TAI) terhadap motivasi belajar siswa yang
ditunjukkan dengan nilai Chi-Squarehitung (52,600) ˃ Chi-Squaretabel (5,991), serta
nilai Sig. 0,000 ˂ α 0,05; (2) terdapat pengaruh yang signifikan model Team
Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa yang ditunjukkan
dengan nilai Chi-Squarehitung (63,638) ˃ Chi-Squaretabel (5,991), nilai Sig. 0,000
˂ α 0,05.
%K Model Team Assisted Individualization (TAI), Motivasi Belajar,
Hasil Belajar.
%D 2018
%I UIN SUNAN KALIJAGA
%L digilib30243