relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30257/ title: EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI REACT BERBASIS KEISLAMAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA creator: UTARI INTAN ANDINI, NIM. 13600009 subject: Pendidikan Matematika description: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui strategi REACT berbasis keislaman dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui strategi REACT berbasis keislaman dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap pengembangan karakter siswa Jenis penelitian ini menggunakan quasi experiment dengan desain penelitian non-equivalent control group design. Variabel penelitian terdiri dari satu variabel bebas berupa pembelajaran melalui strategi REACT berbasis keislaman dan dua variabel terikat yaitu kemampuan pemahaman konsep dan pengembangan karakter siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII MTsN 6 Bantul yang berjumlah 212 siswa pada tahun ajaran 2016/2017, dengan sampel penelitian berjumlah 63 siswa. Kelas VII F dijadikan sebagai kelas eksperimen dengan treatment berupa pembelajaran matematika melalui strategi REACT berbasis keislaman. Kelas VII E dijadikan sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pretest-posttest dan skala sikap. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik parametrik yaitu Uji-t untuk kemampuan pemahaman konsep dan statistik non-parametrik yaitu Uji Mann- Whitney U untuk pengembangan karakter siswa. Analisis data mengunakan bantuan software SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi REACT berbasis keislaman lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Pembelajaran dengan menggunakan strategi REACT berbasis keislaman lebih efektif dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap pengembangan karakter siswa. date: 2017-12-13 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30257/1/13600009_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30257/2/13600009_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: UTARI INTAN ANDINI, NIM. 13600009 (2017) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI REACT BERBASIS KEISLAMAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.