eprintid: 3027 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/30/27 datestamp: 2012-08-15 09:53:31 lastmod: 2016-12-29 02:42:28 status_changed: 2012-05-04 16:43:42 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AMIN WAHYUNINGSIH - NIM. 04220011, title: UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA TUNANETRA DI MAN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA ispublished: pub divisions: jur_bpi full_text_status: restricted keywords: Bimbingan dan kepercayaan diri pada siswa tunanetra note: PEMBIMBING: DRS. ABROR SODIK, M.SI abstract: ABSTRAK Judul skripsi ini adalah “Upaya Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Tunanetra di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui usaha-usaha yang dilakukan guru bimbingan konseling dalam membantu meningkatkan sikap positif (kepercayaan diri) pada siswa tunanetra di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Penelitian ini semoga dapat memberi kontribusi pemikiran tentang wacana keilmuan bimbingan dan konseling serta menjadi kontribusi bagi pengembangan dan kelanjutan terhadap pelayanan bimbingan khususnya dalam membantu siswa tunanetra agar memiliki kepercayaan diri yang tinggi di dalamkehidupan sekolah yang menggunkan sistim pendidikan inklusif. Adapun yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah dua guru bimbingan konseling yaitu bapak Rubai dan Ibu Yuni Heru Kusumawardani, satu guru pembimbing yaitu Ibu Mardinah, dan enam siswa tunanetra yang ada di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian di sini adalah bagaimana upaya yang dilakukan guru bimbingan konseling serta guru pembimbing dalam membantu meningkatkan kepercayaan diri siswa tunanetra di MAN Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Adapun analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah diskriptif kualitatif, langkahnya setelah data terkumpul baik yang diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi, kemudian data-data itu disusun, dan kemudian data tersebut dianalisa dan dijelaskan. Hasil dari penelitian ini adalah mengenai bimbingan yang diberikan kepada siswa khususnya siswa tunanetra yang memakai sistem pendidikikan inklusif merupakan bantuan yang diperlu bagi siswa tunanetra untuk membantu meningkatkan kepercayaan dirinya, karena kepercayaan diri merupakan aspek penting untuk mengaktualisasikan potensi dirinya khususnya bagi siswa tunanetra yang memiliki keterbatasan dalam indera penglihatannya. Sedangkan upaya guru bimbingan konseling dan guru pembimbing siswa tunanetra dalam meningkatan kepercayaan dirinya yaitu melalui bimbingan kelompok yang meliputi bimbingan belajar kelompok, bimbingan individu, bimbingan latihan penembangan diri dan guru pembimbing selalu menanaman rasa percaya diri pada siswa tunanetra. Sedangkan hasil dari upaya peningkatan kepercayaan diri tersebut siswa mampu menerima kondisinya tersebut tanpa memandang kekuranganya dan mensyukuri semua yang telah diberikan Allah SWT, dengan bimbingan tersebut siswa tunanetra sangat terbantu dan terdorong untuk selalu tetap belajar meski memiliki kekurangan dalam segi fisik sehingga dengan adanya bimbingan itu dapat membantu meningkatkan kepercayaan dirinya mereka khususnya dalam belajar. date: 2009-07-31 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Dakwah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-07-31 10:32:38 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--aminwahyun-2747-1-aminwah-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/55/digilib-uinsuka--aminwahyun-2747-1-aminwah-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=3147 ; nama file lama : AMIN WAHYUNINGSIH 04220011 UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA TUNANETRA DI MAN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKART ; format file : application/pdf ; besar file : 652022 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: AMIN WAHYUNINGSIH - NIM. 04220011, (2009) UPAYA GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI PADA SISWA TUNANETRA DI MAN MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3027/1/BAB%20I%2C%20IV.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3027/2/BAB%20II%2C%20III.pdf