TY - THES N1 - Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc ID - digilib30295 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30295/ A1 - FITRIYATUL UMMAH, NIM. 13600025 Y1 - 2018/02/02/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas Pembelajaran Matematika Model Treffinger dengan Metode Snowball Throwing untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dibandingkan dengan pembelajan konvensionaal. Tujuan lainnya, untuk mengetahui efektivitas Pembelajaran Matematika Model Treffinger dengan Metode Snowball Throwing untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa dibandingkan dengan pembelajan konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Variabel penelitian terdiri dari satu variabel bebas yaitu Model Treffinger dengan Metode Snowball Throwing dan dua Variabel terikat yaitu Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar Siswa. Populasi penelitian terdiri dari siswa kelas VII SMPN 1 Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 272 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII E sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII F sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data untuk menjawab tujuan penelitian yang pertama dan kedua menggunakan Independent Samples t-test. Analisis data dibantu dengan program SPSS.17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Matematika Model Treffinger dengan Metode Snowball Throwing lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dibandingkan dengan pembelajan konvensional. Pembelajaran Matematika Model Treffinger dengan Metode Snowball Throwing tidak lebih efektif untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa dibandingkan dengan pembelajan konvensional. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Efektifitas KW - Model Treffinger KW - Metode Snowball Throwing KW - Berpikir Kreatif KW - Kemandirian. M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL TREFFINGER DENGAN METODE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAS SISWA SMP KELAS VII AV - restricted EP - 396 ER -