TY - THES N1 - Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd. ID - digilib30298 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30298/ A1 - DYAH ARUM SULESTYORINI, NIM. 13600032 Y1 - 2018/02/28/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas strategi pembelajaran metakognisi dibandingkan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir geometris dan self efficacy siswa. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control grup design. Variabel penelitian terdiri dari satu variabel bebas yaitu strategi metakognisidan dua variabel terikat yaitu kemampuan berpikir geometris dan self efficacy siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX MTs Ibnul Qoyyim Putri tahun ajaran 2017/2018. Terpilih kelas IX B sebagai kelas eksperimen dan IX A sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen pretest-posttest dan skala sikap. Teknik analisis data untuk menjawab kedua tujuan penelitian ini adalah independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi metakognisi lebih efektif terhadap kemampuan berpikir geometris siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan strategi metakogniai tidak lebih efektif terhadap self efficacy siswa dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Efektivitas KW - Strategi Metakognisi KW - Kemampuan Berpikir Geometris KW - Self Efficacy M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR GEOMETRIS DAN SELF EFFICACY AV - restricted EP - 346 ER -