eprintid: 30303
rev_number: 10
eprint_status: archive
userid: 77
dir: disk0/00/03/03/03
datestamp: 2018-07-20 04:02:19
lastmod: 2018-07-20 04:02:19
status_changed: 2018-07-20 04:02:19
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: NUR LAILI FITRIYANI, NIM. 13600049
title: EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GERLACH DAN ELY TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS SISWA KELAS VIII SMP N 4 YOGYAKARTA
ispublished: pub
subjects: pen_mat
divisions: jur_pemat
full_text_status: restricted
keywords: Model Pembelajaran Gerlach dan Ely, Kemampuan Spasial, Self
Awareness.
note: Dr. Ibrahim, M.Pd.,
abstract: Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui keefektifan model
pembelajaran Gerlach dan Ely dibandingkan dengan model pembelajaran
konvensional terhadap kemampuan spasial siswa kelas VIII SMP N 4 Yogyakarta,
dan (2) untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Gerlach dan Ely
dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap self awareness
siswa kelas VIII SMP N 4 Yogyakarta.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen (penelitian semu) dengan
desain penelitian non-equivalent control group design. Variabel penelitian terdiri
dari variabel bebas yaitu pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran
Gerlach dan Ely serta variabel terikat yaitu kemampuan spasial dan self
awareness. Populasi penelitiannya adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4
Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 169 siswa, sedangkan sampel
penelitiannya berjumlah 68 siswa. Kelas VIII A dijadikan sebagai kelas
eksperimen yang diberikan treatment berupa pembelajaran dengan menggunakan
model pembelajaran Gerlach dan Ely, sedangkan kelas VIII C dijadikan sebagai
kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen
penelitian yang digunakan adalah Pretest Posttest kemampuan spasial, Pretest
Posttest self awareness, RPP yang dilengkapi dengan Hypothetical Learning
Trajectory (HLT), dan LKS. Teknik analisis data menggunakan statistika
parametrik inferensial yaitu uji-t, dengan bantuan Software SPSS 16.0 dan
Microsoft Excel.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Gerlach dan Ely
lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap
kemampuan spasial siswa kelas VIII SMP N 4 Yogyakarta. Selain itu, hasil
penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Gerlach dan Ely lebih efektif
dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional terhadap self awarenes
siswa kelas VIII SMP N 4 Yogyakarta.
date: 2018-02-27
date_type: published
pages: 333
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   NUR LAILI FITRIYANI, NIM. 13600049  (2018) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GERLACH DAN ELY TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL DAN SELF AWARENESS SISWA KELAS VIII SMP N 4 YOGYAKARTA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30303/1/13600049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30303/2/13600049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf