relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30423/ title: PEMIKIRAN HAMID FAHMY ZARKASYI DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN TINGGI GONTOR creator: ANTON ISMUNANTO, NIM: 1420411085 subject: Pendidikan Islam (Pesantren) description: Menghadapi perkembangan zaman, pendidikan Islam dihadapkan dengan ilmu pengetahuan kontemporer yang berwatak sekular. Kunci penyelesaian problematika ini adalah pendidikan tinggi Islam. Adapun syarat yang harus dimiliki oleh pendidikan tinggi Islam adalah paradigma keilmuan. Di awal abad XXI, pendidikan tinggi Islam di Indonesia mengalami transformasi institusi dan paradigma keilmuan. Dua paradigma keilmuan terpenting yang muncul saat itu adalah Integrasi Dialogis yang digunakan Azyumardi Azra di UIN Jakarta dan Integrasi-Interkoneksi yang digunakan Amin Abdullah di UIN Yogyakarta. Sebenarnya, terdapat paradigma lain yang lebih dulu muncul di paruh akhir abad XX, yaitu islamisasi ilmu pengetahuan kontemporer. Paradigma itulah yang dikembangkan oleh Hamid Fahmy Zarkasyi, dimulai dengan wacana worldview Islam. Wacana itu kemudian diimplementasikan di institusi pendidikan tinggi Islam berbasis pesantren Gontor, yang pada tahun 2014 berganti nama dari Institut Studi Islam Darussalam menjadi Universitas Darussalam. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai pemikiran Hamid Fahmy Zarkasyi berikut latar belakang kehidupannya, serta kontribusinya dalam pengembangan pendidikan tinggi Gontor. Penelitian ini bersifat kualitatif dan memadukan antara metode perpustakaan dan metode lapangan. Pendekatan yang digunakan adalah sejarah dan filsafat. Prosesnya memadukan antara pengkajian atas berbagai karya Hamid Fahmy Zarkasyi, digabung dengan observasi dan wawancara dengan berbagai pihak terkait, serta penelaahan atas berbagai dokumen administratif pendidikan tinggi Gontor. Temuan pertama, Islamic Worldview adalah cara pandang Islam tentang realitas dan kebenaran yang bermula dari syahadat, berdasarkan wahyu, dikuatkan akal-indera-intuisi, serta berdampak terhadap seluruh kehidupan seseorang. Karakteristik worldview Islam adalah berpusat pada Tuhan, konsisten, menilai fisik dan metafisik serta menjelaskan seluruh aspek hidup manusia. Worldview bertalian dengan epistemologi, paradigma sains serta peradaban. Tantangan worldview Islam adalah worldview Barat baik modern maupun posmodern. Worldview tersebut menghasilkan liberalisasi. Bermula dari liberalisasi politik, ekonomi, sosial, lalu ke agama. Liberalisasi agama dipaksakan terjadi di dalam Islam oleh misionaris, orientalis dan kolonialis. Liberalisasi pemikiran Islam terjadi berupa relativisme, pluralisme, feminisme, dekonstruksi syariah dan kritik al- Qur`an. Solusi untuk menyelesaikan tantangan ilmu pengetahuan kontemporer dan liberalisasi adalah islamisasi. Corak pemikiran yang demikian membuat Hamid dimasukkan ke dalam aliran filsafat pendidikan perenialis Islam. Temuan kedua, Wacana worldview Islam, dilanjutkan dengan islamisasi, disemaikan Hamid di Gontor sejak 2006 hingga saat ini. Dimulai dengan pendirian CIOS, lalu penyelenggaraan PKU, dilanjutkan dengan Magister AFI, disusul transformasi ISID ke UNIDA dengan PII-nya, hingga didirikannya Doktoral AFI. Semua lembaga itu terikat satu tujuan, yaitu proyek islamisasi yang berpijak dari worldview Islam. Secara praktis, hal tersebut mensyaratkan penguasaan terhadap tradisi intelektual Islam sekaligus ilmu pengetahuan kontemporer. Dengan kedua penguasaan itu maka memungkinkan penemuan konsep, teori dan metode dari tradisi intelektual Islam, dilanjutkan dengan integrasi dan islamisasi, serta pengembangan ilmu pengetahuan, tehnologi dan seni berperspektif Islam. date: 2018-01-30 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30423/1/1420411085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30423/2/1420411085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: ANTON ISMUNANTO, NIM: 1420411085 (2018) PEMIKIRAN HAMID FAHMY ZARKASYI DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN TINGGI GONTOR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.