relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30423/
title: PEMIKIRAN HAMID FAHMY ZARKASYI DAN  KONTRIBUSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN  PENDIDIKAN TINGGI GONTOR
creator: ANTON ISMUNANTO, NIM: 1420411085
subject: Pendidikan Islam (Pesantren)
description: Menghadapi perkembangan zaman, pendidikan Islam dihadapkan dengan ilmu  pengetahuan kontemporer yang berwatak sekular. Kunci penyelesaian problematika ini  adalah pendidikan tinggi Islam. Adapun syarat yang harus dimiliki oleh pendidikan tinggi  Islam adalah paradigma keilmuan. Di awal abad XXI, pendidikan tinggi Islam di  Indonesia mengalami transformasi institusi dan paradigma keilmuan. Dua paradigma  keilmuan terpenting yang muncul saat itu adalah Integrasi Dialogis yang digunakan  Azyumardi Azra di UIN Jakarta dan Integrasi-Interkoneksi yang digunakan Amin  Abdullah di UIN Yogyakarta. Sebenarnya, terdapat paradigma lain yang lebih dulu  muncul di paruh akhir abad XX, yaitu islamisasi ilmu pengetahuan kontemporer.  Paradigma itulah yang dikembangkan oleh Hamid Fahmy Zarkasyi, dimulai dengan  wacana worldview Islam. Wacana itu kemudian diimplementasikan di institusi  pendidikan tinggi Islam berbasis pesantren Gontor, yang pada tahun 2014 berganti nama  dari Institut Studi Islam Darussalam menjadi Universitas Darussalam. Penelitian ini  bertujuan untuk menjelaskan mengenai pemikiran Hamid Fahmy Zarkasyi berikut latar  belakang kehidupannya, serta kontribusinya dalam pengembangan pendidikan tinggi  Gontor. Penelitian ini bersifat kualitatif dan memadukan antara metode perpustakaan dan  metode lapangan. Pendekatan yang digunakan adalah sejarah dan filsafat. Prosesnya  memadukan antara pengkajian atas berbagai karya Hamid Fahmy Zarkasyi, digabung  dengan observasi dan wawancara dengan berbagai pihak terkait, serta penelaahan atas  berbagai dokumen administratif pendidikan tinggi Gontor.  Temuan pertama, Islamic Worldview adalah cara pandang Islam tentang realitas dan  kebenaran yang bermula dari syahadat, berdasarkan wahyu, dikuatkan akal-indera-intuisi,  serta berdampak terhadap seluruh kehidupan seseorang. Karakteristik worldview Islam  adalah berpusat pada Tuhan, konsisten, menilai fisik dan metafisik serta menjelaskan  seluruh aspek hidup manusia. Worldview bertalian dengan epistemologi, paradigma sains  serta peradaban. Tantangan worldview Islam adalah worldview Barat baik modern  maupun posmodern. Worldview tersebut menghasilkan liberalisasi. Bermula dari  liberalisasi politik, ekonomi, sosial, lalu ke agama. Liberalisasi agama dipaksakan terjadi  di dalam Islam oleh misionaris, orientalis dan kolonialis. Liberalisasi pemikiran Islam  terjadi berupa relativisme, pluralisme, feminisme, dekonstruksi syariah dan kritik al-  Qur`an. Solusi untuk menyelesaikan tantangan ilmu pengetahuan kontemporer dan  liberalisasi adalah islamisasi. Corak pemikiran yang demikian membuat Hamid  dimasukkan ke dalam aliran filsafat pendidikan perenialis Islam.  Temuan kedua, Wacana worldview Islam, dilanjutkan dengan islamisasi, disemaikan  Hamid di Gontor sejak 2006 hingga saat ini. Dimulai dengan pendirian CIOS, lalu  penyelenggaraan PKU, dilanjutkan dengan Magister AFI, disusul transformasi ISID ke  UNIDA dengan PII-nya, hingga didirikannya Doktoral AFI. Semua lembaga itu terikat  satu tujuan, yaitu proyek islamisasi yang berpijak dari worldview Islam. Secara praktis,  hal tersebut mensyaratkan penguasaan terhadap tradisi intelektual Islam sekaligus ilmu  pengetahuan kontemporer. Dengan kedua penguasaan itu maka memungkinkan  penemuan konsep, teori dan metode dari tradisi intelektual Islam, dilanjutkan dengan  integrasi dan islamisasi, serta pengembangan ilmu pengetahuan, tehnologi dan seni  berperspektif Islam.
date: 2018-01-30
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30423/1/1420411085_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30423/2/1420411085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
identifier:   ANTON ISMUNANTO, NIM: 1420411085  (2018) PEMIKIRAN HAMID FAHMY ZARKASYI DAN KONTRIBUSINYA TERHADAP PENGEMBANGAN PENDIDIKAN TINGGI GONTOR.  Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.