eprintid: 30427 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/03/04/27 datestamp: 2018-07-26 07:00:20 lastmod: 2018-07-26 07:00:20 status_changed: 2018-07-26 07:00:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: LUTHFI QORIATUL HASANAH, NIM. 14.204.11178 title: KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS AWAL (ANALISIS KONTEN TERHADAP DOKUMEN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA DAN MALAYSIA) ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Kurikulum Indonesia dan Malaysia, CEFR note: Dr. Abdul Munip, M.Ag abstract: Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab Kelas Awal, (Analisis Konten terhadap Dokumen Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia dan Malaysia). Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam PBA Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh besarnya pengaruh kurikulum dalam pembelajaran, khususnya bahasa Arab, sehingga kurikulum harus dikembangkan sedemikian rupa demi tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini berfokus pada kurikulum pembelajaran bahasa Arab kelas awal (1-3) di Indonesia dan Malaysia. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Indonesia dan Malaysia ditinjau dari tujuan, materi, metode, evaluasi. Penelitian ini merupakan penelitian berbentuk Library Research bersifat kualitatif dan mengambil objek penelitian dokumen kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Indonesia dan Malaysia. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Indonesia dan di Malaysia memiliki tujuan untuk memiliki empat kemahiran bahasa, namun belum sampai pada tahap berinteraksi dan berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulisan. Materi yang disajikan merupakan kata atau teks dengan tema diri sendiri dan kehidupan sekitar. Metode yang digunakan di Indonesia yaitu metode pembelajaran, di Malaysia menggunakan metode inquiry, kooperatif, STEM, dll. Evaluasi di Indonesia menggunakan penilaian diri/penilaian antar teman, jurnal, observasi, tugas, portofolio, dan tes tertulis, sedangkan di Malaysia evaluasi dilaksanakan dalam penilaian sumatif dan formatif dengan standard prestasi 1-6. date: 2018-02-14 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: LUTHFI QORIATUL HASANAH, NIM. 14.204.11178 (2018) KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS AWAL (ANALISIS KONTEN TERHADAP DOKUMEN KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI INDONESIA DAN MALAYSIA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30427/1/1420411178_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30427/2/1420411178_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf