%A NIM. 1520410013 TEGUH HADI WIBOWO
%O Dr. Na‟imah, M.Hum.
%T KAJIAN IMPLEMENTASI BREAKING BAD HABITS PADA
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI SISWA
SMK MUHAMMADIYAH 1 SLEMAN
%X Penelitian ini dilakukan untuk: (1) mengetahui bad habits siswa yang
muncul pada pembelajaran bahasa Arab di SMK Muhammadiyah 1 Sleman, (2)
memahami implementasi breaking bad habits pada pembelajaran bahasa Arab di
SMK Muhammadiyah 1 Sleman.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.
Adapun jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan praktis
(practical action research) dengan desain spiral dari Kemmis dan Mc Taggart
yang meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Sumber data
dibagi dalam tiga kelompok yaitu observasi, dokumen dan narasumber. Observasi
berupa pemantauan (monitoring) terstruktur, dokumen berupa dokumen privat dan
dokumen publik sedangkan narasumber ditentukan dengan menggunakan teknik
purposive sampling. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan observasi,
dokumentasi dan wawancara sedangkan teknik analisis data yang digunakan
adalah interactive model yaitu dengan langkah reduksi data, penyajian data dan
penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, terdapat lima siswa yang
memiliki bad habits. Bad Habits tersebut berupa ketidakdisiplinan seperti bolos,
terlambat, tidur sewaktu pelajaran, keluar kelas tanpa ijin, tidak hormat kepada
guru, menggangu teman sebangku, bernyanyi-nyanyi sendiri, mengajak temantemannya
bercanda berlebihan, mangkir atau tidak mau mengikuti pelajaran.
Kedua, implementasi breaking bad habits pada pembelajaran bahasa Arab di
SMK Muhammadiyah 1 Sleman diterapkan pada lima siswa yang memiliki bad
habits dan dilakukan dalam dua siklus, masing-masing tiga kali pertemuan. Pada
setiap pertemuan terdiri dari empat tahapan yaitu tahap perencanaan, tindakan,
observasi dan refleksi. Hasilnya, sikap siswa menunjukkan perubahan dibuktikan
dengan adanya interaksi antara guru dan siswa serta cara bersikap siswa yang
semakin baik meliputi adab, hormat dan kepatuhannya, selain itu, adanya
kemauan siswa untuk diajak kolaborasi dan kemampuan merespon dengan cepat
stimulus yang diberikan peneliti.
%K Bad Habits, Siswa, Pendidikan, Bahasa Arab
%D 2018
%I UIN SUNAN KALIJAGA
%L digilib30429