eprintid: 30431 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/03/04/31 datestamp: 2018-07-26 07:27:55 lastmod: 2018-07-26 07:27:55 status_changed: 2018-07-26 07:27:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: NURHIDAYAH, NIM. 1520410023 title: IMPLEMENTASI KURIKULUM SISTEM FULL DAY SCHOOL DI PESANTREN (STUDI KASUS DI MTS NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA) ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: implementasi kurikulum; full day school; boarding school note: Dr. Sigit Purnama, S.Pd.I, M.Pd abstract: Latar belakang penelitian ini adalah MTs Nurul Ummah telah menerapkan sistem full day school pada tahun pelajaran 2014/2015. Kurikulum yang digunakan adalah kurikulum terpadu yang memadukan kurikulum sekolah dengan kurikulum pesantren. MTs Nurul Ummah, sekolah berbasis pesantren yang mengharuskan para siswa tinggal di asrama (boarding school). Asrama yang menjadi salah satu sarana prasarana pendukung sistem full day school adalah asrama pelajar putra (komplek E) dan asrama pelajar putri (komplek pelajar Darussalam). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi kurikulum sistem full day school di pesantren (studi kasus di MTs Nurul Ummah). Kajian teori berupa: (1) Implementasi kurikulum dan komponen-komponennya; (2) Full day school dan komponen-komponenya; (3) Asrama (boarding school) dan komponen-komponennya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan posisi peneliti terlibat langsung dalam penelitian (partisipan observation). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulkan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Uji keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi metode dengan bukti penelitian ada di lampiran-lampiran. Hasil penelitian menunjukkan: proses implementasi kurikulum, terdapat beberapa komponen yaitu: (1) Tujuan pembelajaran, tujuan satuan pendidikan dan tujuan mata pelajaran; (2) Isi/Materi pembelajaran berkaitan dengan kurikulum sekolah; (3) Peran tenaga pendidik (guru) dalam proses pembelajaran dan peran tenaga kependidikan; (4) Strategi pembelajaran terkait dengan strategi guru dalam mengajar agar mampu mencapai tujuan pembelajaran; (5) Evaluasi pembelajaran oleh guru dan pengelola. MTs Nurul Ummah mengharuskan para siswa tinggal di asrama. Komponen yang harus ada pada sistem asrama adalah: (1) Tersedianya asrama sebagai tempat tinggal siswa; (2) Mudir atau Direktur Asrama dan peranannya dalam kegiatan di asrama; (3) Siswa/santri boarding school; (4) Masjid atau tempat beribadah; (5) Buku-buku rujukan sebagai pendukung proses pembelajaran; dan (6) Evaluasi sistem asrama untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan sistem asrama. date: 2017-12-29 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: NURHIDAYAH, NIM. 1520410023 (2017) IMPLEMENTASI KURIKULUM SISTEM FULL DAY SCHOOL DI PESANTREN (STUDI KASUS DI MTS NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30431/1/1520410023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30431/2/1520410023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf