eprintid: 30435 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/03/04/35 datestamp: 2018-07-26 07:52:01 lastmod: 2018-07-26 07:52:01 status_changed: 2018-07-26 07:52:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: IRWANSYAH SUWAHYU, NIM. 1520410048 title: PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP AKHLAK DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA UII YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: pps_pai full_text_status: restricted keywords: Penggunaan Media Sosial, Akhlak, Prestasi Belajar note: Dr. H. Sumedi, M.Ag abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap akhlak dan prestasi belajar peserta didik di SMA UII Yogyakarta. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh-pengaruh negatif dan positif yang muncul dari penggunaan media sosial. Pengaruh tersebut kemudian akan dianalisa dengan akhlak dan juga prestasi belajar para peserta didik di SMA UII Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode penelitian kombinasi. Model yang digunakan dalam penelitian kombinasi ini adalah model sequential explanatory dimana tahap pertama akan digunakan metode kuantitatif dan pada tahap kedua memakai metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMA UII Yogyakarta. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah melalui angket, observasi, data dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini menemukan bahwa: 1) Angka penggunaan media sosial peserta didik di SMA UII Yogyakarta adalah tinggi. Hal ini dibuktikan dari jumlah akun yang dimiliki oleh masing-masing peserta didik yang banyak dan juga intensitas penggunaan media sosial yang terlalu sering dalam sehari. 2) Munculnya beberapa sifat yang kurang baik dari peserta didik yang timbul akibat terlalu sering berinteraksi di media sosial seperti malas, boros, hilangnya rasa malu, dan lain-lain. 3) Tidak adanya batasan di dalam penggunaan media sosial menjadikan peserta didik lebih sering mengabaikan hal-hal yang positif, seperti sebagian peserta didik sibuk mengakses media sosialnya saat guru sedang menjelaskan materi pelajaran. Hal ini kemudian menjadikan prestasi belajar peserta didik menurun yang dibuktikan dengan nilai UTS peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial yang berlebihan oleh para peserta didik akan sangat mempengaruhi akhlak dan prestasi belajarnya ke arah yang negatif. date: 2017-12-07 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: PASCASARJANA thesis_type: masters thesis_name: other citation: IRWANSYAH SUWAHYU, NIM. 1520410048 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP AKHLAK DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA UII YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30435/1/1520410048_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30435/2/1520410048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf