%A NIM. 1520411037 AFIDATUN KHASANAH %O Dr. Karwadi, M.Ag %T MANAJEMEN PEMBELAJARAN KREATIF DALAM PENGEMBANGAN KUALITAS SOFT SKILL PESERTA DIDIK DI RUMAH KREATIF WADAS KELIR PURWOKERTO %X Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah permasalahan pendidikan saat ini yang belum dapat memenuhi setiap kebutuhan peserta didik. Pendidikan berkualitas masih sangat terbatas sehingga tidak dapat memfasilitasi bagi semua kalangan terutama kalangan menengah kebawah. Pembelajaran formal yang bersifat monoton dan hanya berorientasi pada kemampuan akademik banyak menimbulkan kejenuhan bagi peserta didik dan tidak dapat mengembangkan kemampuan peserta didik secara maksimal. Selain itu adanya pemahaman bahwa keatifitas hanya dimiliki oleh individu jenius merupakan permasalahan yang mendasar bagi pengembangan kreatifitas. Pendidikan berbasis masyarakat yang mengembangkan kualitas soft skill melalui berbagai potensi kecerdasan merupakan terobosan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kualitas pendidikan. Pendidikan berbasis masyarakat penting untuk dilakukan karena mendidik tidak hanya tugas sekolah atau lembaga pendidikan melainkan juga keluarga dan masyarakat. Pendidikan merupakan hak bagi setiap warga negara tanpa terkecuali. Setiap kecerdasan yang dimiliki oleh individu harus mendapatkan stimulus yang tepat berupa kreativitas untuk mengembangkan potensinya. Pendidikan yang berorientasi pada pengembangan soft skill peserta didik tentu menjadi sesuatu yang mutlak dibutuhkan dalam memaksimalkan potensi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen yang dilakukan oleh Rumah Kreatif Wadas Kelir dalam melaksanakan pembelajaran kreatif dalam pengembangan kualitas soft skill peserta didik. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian berada di Rumah Kreatif Wadas Kelir Desa Karang Klesem Purwokerto. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Hubermen, yaitu analisis model interaktif dengan langkah-langkah; pengumpulan data; data reduction, data display, dan data verification. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, implementasi manajemen pembelajaran kreatif di Rumah Kreatif Wadas Kelir dilaksanakan dengan tahaptahap manajerial seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi yang di dasarkan pada kebutuhan peserta didik dalam pengembangan soft skill. Kedua, kualitas soft skill yang dikembangkan bagi peserta didik melalui berbagai aspek diantaranya komunikasi personal, sosial, dan perilaku manajemen diri. Ketiga, adanya peningkatan kualitas soft skill peserta didik berupa rasa ingin tahu, bersifat imajinatif, merasa tertantang oleh kemajemukan, sifat berani mengambil resiko, dan sifat menghargai. %K Pembelajaran Kreatif, Kualitas Soft Skill, Peserta didik, dan Rumah Kreatif Wadas Kelir. %D 2017 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib30439