eprintid: 3044 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/30/44 datestamp: 2013-01-02 15:26:35 lastmod: 2016-12-13 02:32:38 status_changed: 2012-05-04 16:43:44 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SHOLIHAH - NIM : 04451076, title: PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TYPE FIRING LINE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI POKOK PERANAN MANUSIA DI DALAM EKOSISTEM SISWA KELAS VII A SMP PIRI NGAGLIK SLEMAN TAHUN AJARAN 2007/2008 ispublished: pub subjects: BB divisions: jur_pebio full_text_status: restricted keywords: Firing Line, motivasi , hasil belajar dan SMP PIRI Ngaglik Sleman note: Pembimbing : Suhardi, M.Pd. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran biologi dengan menggunakan strategi Active Learning tipe Firing Line pada materi pokok peranan manusia di dalam ekosistem siswa kelas VIIA SMP PIRI Ngagik Sleman dan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan strategi Active Learning tipe Firing Line pada tiap siklusnya. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP PIRI Ngaglik Sleman tahun ajaran 2007/2008. Data yang dikumpulkan berupa data angket motivasi siswa dan nilai pre-test dan post-test siklus I dan II. Data motivasi yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan persentase masing-masing aspek dalam motivasi. Data pre-test dan post-test siklus I dan siklus II ditabulasikan dalam bentuk rata-rata kelas. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat diketahui dengan effect size yaitu selisih antara nilai rata-rata post-test siklus II dengan nilai rata-rata post-test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Active Learning type Firing Line dapat diterapkan pada pembelajaran Biologi materi pokok peranan manusia di dalam ekosistem di SMP PIRI Ngaglik Sleman. Strategi Active Learning tipe Firing Line juga dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa di SMP PIRI Ngaglik Sleman. Peningkatan motivasi siswa dapat dilihat dari masing-masing aspek motivasi yang meliputi aspek active mengikuti kegiatan dengan senang dan bersemangat naik 8%, berusaha dan bekerja dengan sebaik-baiknya naik 2 %, kecenderungan untuk melaksanakan tugas yang menantang turun 5%, aspek kecenderungan untuk bekerja, menemukan dan menyelesaikan masalah sendiri naik 17 %,, aspek keinginan kuat untuk maju naik 3 % dan aspek yang terakhir selalu berorientasi pada masa depan tetap. Peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan adanya nilai effect size sebesar 0,6 date: 2009-07-31 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Saintek thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2009-07-31 14:31:37 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--sholihahni-2764-1-sholihah-f.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/56/digilib-uinsuka--sholihahni-2764-1-sholihah-f.pdf ; url download server lama : /download.php?id=3164 ; nama file lama : SHOLIHAH - NIM. 04451076 PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TYPE FIRING LINE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 730081 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: SHOLIHAH - NIM : 04451076, (2009) PENERAPAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TYPE FIRING LINE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA MATERI POKOK PERANAN MANUSIA DI DALAM EKOSISTEM SISWA KELAS VII A SMP PIRI NGAGLIK SLEMAN TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3044/1/BAB%20I%2CV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3044/2/BAB%20II%2CIII%2CIV.pdf