eprintid: 30548 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/05/48 datestamp: 2018-10-29 08:28:07 lastmod: 2018-10-29 08:28:13 status_changed: 2018-10-29 08:28:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ARIEF MAULANA, NIM. 1520411041 title: PENERAPAN WEALTH MANAGEMENT DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS KOTTABARAT SURAKARTA ispublished: pub subjects: pen_isl divisions: jur_pi2 full_text_status: restricted keywords: Manajemen, Wealth Management, Mutu Sekolah note: Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M. abstract: Arief Maulana (1520411041). Penerapan Wealth Management Dalam Upaya Peningkatan Mutu Sekolah Di Sekolah Dasar Muhammdiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. Tesis. Konsentrasi Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Islam, Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2017. Penelitian ini terwujud setelah adanya penemuanan penulis akan pengelolaan yang baik akan kekayaan (wealth management) salah satu sekolah dasar swasta di Surakarta. Oleh sebeb itu penulis ingin mengetahui bagaimana penerapan wealth management di Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta serta dampak mutu setelah adanya penerapan wealth management tersebut serta mengetahui perlunya penerapan wealth management di lembaga pendidikan. Berdasarkan kajiannya, penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif-kualitatif. Adapun untuk pengecekan keabsahan data ini peneliti menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan wealth management di Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta dilakukan oleh kepala sekolah serta para anggota Tim Pengelola Kekayaan Perguruan Pendidikan Kottabarat dengan tujuan peningkatan kesejahteraan guru dan karyawan sekolah. Siklus manajerial wealth management dilakukan 2 minggu sekali pada saat koordinasi antar anggota Tim Pengelola Kekayaan Perguruan. Bila memakai kuadran Robert T. Kyosaki yang telah dimodifikasi dalam lingkungan pendidikan, sumber kekayaan Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta berasal dari: (1) Student Donation (Sd) berupa sumbangan pendidikan siswa, (2) Government Donation (Gd) berupa dana BOS, (3) Business (B) berupa adanya BTM dan koperasi sekolah, (4) Investment (I) yang bersifat horizontal berupa kapling tanah, perumahan, dan kebun jati. Sedang investment yang bersifat vertikal dengan dibangunnya sekolah berjenjang terdiri dari Taman Kanak-kanak (TK) Aisiyah, Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah Program Khusus. Kedua, Sekolah Dasar Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta memperoleh dampak yang bagus setelah diterapkannya wealth management dengan baik. Setidaknya ada 2 sektor yang mendapatkan dampak langsung ini, yakni sektor kesejahteraan guru dan karyawan dan sektor mutu sekolah yang baik terlihat dari input, process, output, dan outcome sekolah. Ketiga, sangat perlu menerapkan wealt management di lembaga pendidikan, khususnya sekolah swasta. Karena dengan adanya wealth management yang baik, lembaga pendidikan tersebut dapat meraih keamanan finansial (financial freedom) yang pada akhirnya dapat mendukung segala kegiatan pembelajaran, kesejahteraan guru dan karyawan terjamin, dan adanya dampak mutu yang bagus untuk sekolah. date: 2017-12-18 date_type: published pages: 194 institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIAH DAN KEGURUAN thesis_type: masters thesis_name: other citation: ARIEF MAULANA, NIM. 1520411041 (2017) PENERAPAN WEALTH MANAGEMENT DALAM UPAYA PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH PROGRAM KHUSUS KOTTABARAT SURAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30548/1/1520411041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30548/2/1520411041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf