<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI MENGACU\r\nKERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) DI\r\nPERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS FAKULTAS TARBIYAH\r\nDAN KEGURUAN UIN RADEN INTAN LAMPUNG)"^^ . "Problematika Pengembangan Kurikulum PAI Mengacu\r\nKerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) di Perguruan Tinggi (Studi Kasus\r\nFakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung.\r\nPengembangan kurikulum mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia\r\n(KKNI) adalah proses penyusunan dan implementasi kurikulum mengacu kepada\r\nperjenjangan kualifikasi kompetensi yang dapat menyandingkan dan menyetarakan\r\nserta mengintegrasikan antara bidang pendidikan dan bidang pelatihan kerja serta\r\npengalaman kerja dalam rangka pemberian pengakuan kompetensi kerja sesuai\r\ndengan struktur pekerjaan diberbagai sektor.\r\nTerbitnya Peraturan Presiden No 8 Tahun 2012 dan Peraturan Menteri\r\nPendidikan dan Kebudayaan No 73 Tahun 2013 mengharuskan setiap perguruan\r\ntinggi baik Sekolah Tinggi, Institut maupun Universitas harus melakukan redesain\r\nkurikulum mengacu KKNI selambat-lambatnya 2016/2017. Jika tidak maka\r\nalumninya tidak dapat diakui. Berdasarkan hasil Observasi penulis Program Studi\r\nPAI pada Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Intan Lampung secara\r\nimpelementasi sudah menggunakan kurikulum mengacu KKNI akan tetapi secara\r\nformal kurikulum yang digunakan belum mengacu KKNI. Hal ini disebabkan karena\r\nadanya berbagai problematika pengembangan kurikulum. Berdasarkan hasil\r\nobservasi dan wawancara pendahuluan penulis problematika pengembangan\r\nkurikulum mengacu KKNI yakni kurangnya biaya yang menunjang pembentukan\r\npengembangan kurikulum serta kurangnya pemahaman dosen terkait kurikulum\r\nmengacu KKNI.\r\nJenis Penelitian yang digunakan penulis yakni jenis penelitian kualitatif.\r\nSubyek penelitian ini yaitu Dekan, Wakil Dekan I, Ketua dan Sekretaris Program\r\nStudi PAI, Dosen PAI dan Mahasiswa PAI.\r\nAdapun hasil penelitian ini yaitu: a)Proses pengembangan kurikulum KKNI\r\npada Program Studi PAI UIN Raden Intan Lampung yaitu: 1) Penyusunan, tahapan\r\nyang digunakan yaitu: (a) Seminar dan workshop. (b) Sosisaliasi (c) Analisis SWOT.\r\n(d) Analisis kebutuhan (need assessment). (e) Menetapkan profil kompetensi yang\r\ndiharapkan .(f) Merumuskan capaian pembelajaran, g) Menetapkan bahan kajian dan\r\nbesarnya sks, h) Menyusun struktur kurikulum dan sebaran mata kuliah; 2)\r\nImpelementasi, terdiri dari perencanaan yaitu dengan menyiapkan RPKPS,\r\npelaksanaan yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran yang terdiri dari\r\npersentasi, ceramah dan diskusi, tahap evaluasi yang dilakukan yakni dengan\r\nmenggunakan penilaian tugas, UTS dan UAS. 3) Evaluasi yang dilakukan yakni\r\npenilaian pembelajaran semester dan pembelajaran lulusan Adapun problematika\r\npengembangan kurikulum mengacu KKNI yang ada di Prodi PAI UIN Raden Intan\r\nLampung yaitu: 1) Tidak adanya kebijakan secara resmi dari pimpinan. 2) Tidak\r\nadanya payung yang mengarahkan dan mengayomi pengembangan kurikulum\r\nmengacu KKNI. 3) Belum adanya Format kurikulum mengacu KKNI secara resmi\r\ndari pimpinan. 4) Biaya 5) Waktu 6) Kurangnya Pemahaman Dosen 7) Kurangnya\r\nkesamaan persepsi dosen 8) Kurangnya keterlibatan pengguna pendidikan."^^ . "2018-02-21" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 1620410063"^^ . "Masnun Baiti"^^ . "NIM. 1620410063 Masnun Baiti"^^ . . . . . . "PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI MENGACU\r\nKERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) DI\r\nPERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS FAKULTAS TARBIYAH\r\nDAN KEGURUAN UIN RADEN INTAN LAMPUNG) (Text)"^^ . . . "1620410063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI MENGACU\r\nKERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) DI\r\nPERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS FAKULTAS TARBIYAH\r\nDAN KEGURUAN UIN RADEN INTAN LAMPUNG) (Text)"^^ . . . "PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI MENGACU\r\nKERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) DI\r\nPERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS FAKULTAS TARBIYAH\r\nDAN KEGURUAN UIN RADEN INTAN LAMPUNG) (Other)"^^ . . . . . . "PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI MENGACU\r\nKERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) DI\r\nPERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS FAKULTAS TARBIYAH\r\nDAN KEGURUAN UIN RADEN INTAN LAMPUNG) (Other)"^^ . . . . . . "PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI MENGACU\r\nKERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) DI\r\nPERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS FAKULTAS TARBIYAH\r\nDAN KEGURUAN UIN RADEN INTAN LAMPUNG) (Other)"^^ . . . . . . "PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI MENGACU\r\nKERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) DI\r\nPERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS FAKULTAS TARBIYAH\r\nDAN KEGURUAN UIN RADEN INTAN LAMPUNG) (Other)"^^ . . . . . . "PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI MENGACU\r\nKERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) DI\r\nPERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS FAKULTAS TARBIYAH\r\nDAN KEGURUAN UIN RADEN INTAN LAMPUNG) (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI MENGACU\r\nKERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) DI\r\nPERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS FAKULTAS TARBIYAH\r\nDAN KEGURUAN UIN RADEN INTAN LAMPUNG) (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI MENGACU\r\nKERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) DI\r\nPERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS FAKULTAS TARBIYAH\r\nDAN KEGURUAN UIN RADEN INTAN LAMPUNG) (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PROBLEMATIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI MENGACU\r\nKERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) DI\r\nPERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS FAKULTAS TARBIYAH\r\nDAN KEGURUAN UIN RADEN INTAN LAMPUNG) (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . "HTML Summary of #30561 \n\nPROBLEMATIKA PENGEMBANGAN KURIKULUM PAI MENGACU \nKERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) DI \nPERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS FAKULTAS TARBIYAH \nDAN KEGURUAN UIN RADEN INTAN LAMPUNG)\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Islam (Pesantren)" . .