%A 1520011061 Rahmi Yunita %O Dr. Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag., SIP., M.Si, %T SINERGISITAS GURU DAN PUSTAKAWAN DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 (STUDI KASUS SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA) %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Sinergisitas guru dan pustakawan dalam implementasi kurikulum 2013 berikut dengan faktor pendukung dan penghambatnya di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yang bersifat naturalistik. Penelitian dengan teknik pengambilan data dengan wawancara mendalam, observasi langsung dan dokumentasi ini menunjuk Wakaur Kurikulum dan Koordinator Perpustakaan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta sebagai key-person. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) guru dan pustakawan bersinergi dalam implementasi kurikulum 2013 di SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta meskipun tidak semua guru bersinergi dengan pustakawan dengan baik. Sinergisitas ini terlihat secara langsung dan tidak langsung. Sinergisitas secara langsung terlihat dari guru dan pustakawan mengadakan kegiatan literasi berupa lomba dan pembelajaran berbasis perpustakaan. Adapun Sinergisitas secara tidak langsung terlihat dari guru dan pustakawan berperan sesuai peranan masingmasing namun masih memiliki keterkaitan. (2) SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta didukung dengan adanya (a) faktor pendukung resources, partner, external environment yang baik. Hanya saja, SMA Muhammadiyah masih perlu memperhatikan (b) faktor penghambat berupa PP no.24 tahun 2014 pasal 83 ayat 6 tentang alokasi dana untuk memaksimalkan perpustakaan, memperhatikan aturan seleksi dalam pemenuhan kebutuhan informasi, aktualisasi diri guru dan pustakawan. %K Sinergi, Guru, Pustakawan, dan Kurikulum 2013. %D 2018 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib30567