%A NIM. 13430002 DIAN TRIMASARI %O Ibu Siti Zubaedah,S.Ag., M.Pd. %T PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS HASTA KARYA ANAK USIA DINI MELALUI CERITA DI KELAS A4 RA AR RAIHAN KWEDEN TRIRENGGO BANTUL %X DIAN TRIMASARI (13430002), Peran guru dalam mengembangakan kreativitas hasta karya anak usia dini melalui cerita di kelas A4 Ra Ar Raihan Kweden Trirenggo Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peran guru dapat mengembangkan kreativitas hasta karya anak usia dini melalui cerita di kelas A4 RA Ar Raihan Bantul, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat apa saja yang dapat mempengaruhi peran guru dalam menggembangkan kreativitas hasta karya anak usia dini melalui kegiatan cerita di kelas A4 RA Ar Raihan. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan tentang keadaan di tempat penelitian dengan menggunakan rangkaian kata-kata dan kalimat, dengan subyek penelitian kelas A4 Ra Ar Raihan Kweden Trirenggo Bantul yang berjumlah 33 anak.. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data secara reduksi data, display data dan verivikasi/ penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran guru dapat mengembangkan kreativitas hasta karya anak usia dini melalui cerita di kelas A4 RA Ar Raihan. Hal tersebut terbukti dari (1) guru sebagai motivator, (2) guru sebagai panutan, (3) guru sebagai vasilitator, dengan menghasilakan kreativitas hasta karya bentuk binatang dari play dough. Pencerminan dengan menghasilkan gambar, dan dengan barang bekas mengasilkan pos satpam. Dalam peran guru dalam mengembangkan kreativitas hasta karya anak uisa dini melalui cerita di kelas A4 RA Ar Raihan juga terdapat faktor pendukung dan penghambat, terdapat faktor pendunkung: tersedianya buku cerita yang cukup memadai dan dan tersedianya alat dan bahan untuk membuat hasta karya. Sedangkan faktor penghambatnya sebagai berikut : cerita guru kurang menarik karena monoton dan mood anak sudah kurang baik dari rumah. %K Peran Guru, Hasta Karya %D 2017 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib30574