@phdthesis{digilib30579, month = {January}, title = {MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI MELALUI METODE CERITA ISLAMI DI TK ABA CARIKAN MUNTILAN}, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 13430042 HIDAYATUL AINI}, year = {2018}, note = {Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M.,}, keywords = {kecerdasan spiritual anak, metode cerita}, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30579/}, abstract = {Hidayatul Aini, ?Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini melalui Metode Cerita Islami di TK ABA Carikan? Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan metode ceritaislami untuk mengembangkan kecerdasan spiritual anak 2) hasil penerapan metode cerita islami di TK ABA Carikan, dan 3) faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode cerita islami di TK ABA Carikan Muntilan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di TK ABA Carikan Muntilan. Penelitian dilaksanakan bulan Juli hingga bulan September 2017. Subyek dari penelitian ini adalah anak didik kelas A TK ABA Carikan Muntilan yang berjumlah 20 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, diantaranya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) penerapan metode cerita islami di TK ABA Carikan Muntilan dilakukan sebelum menjelang kegiatan inti. Penyampaian cerita tidak setiap hari melainkan seminggu sekali atau seminggu dua kali. Durasi bercerita 5-10 menit. Pemilihan materi di sesuaikan dengan perkembangan anak. Pengadaan evaluasi untuk mengetahui perkembangan kecerdasan spiritual anak melalui penyerapan isi dari cerita islami 2) metode cerita islami menghasilkan perkembangan kecerdasan yang cukup baik untuk anak, antara lain anak dapat mengenal Allah dengan pengucapan kalimat syahadat, anak terbiasa melaksanakan shalat wajib dan hafalan doa-doa sederhana setiap, anak membiasakan berbuat baik dan anak dapat mencintai sesama makhluk tuhan. 3) faktor pendukung penerapan metode cerita islami di TK ABA Carikan antara lain: guru yang sudah berpengalaman berkecimpung di dunia anak, lingkungan sekolah dan rumah yang baik, serta minat anak dalam mengikuti kegiatan cerita islami. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain: hambatan waktu, hambatan pengelolaan kelas yang masih sulit, dan hambatan alat peraga yang sangat terbatas yang dimiliki oleh pihak sekolah.} }