%0 Thesis %9 Skripsi %A NUR MAULIDIYAH MUNAWAROH, NIM.: 13480058 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2018 %F digilib:30586 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Implementasi Kurikulum, Cambridge International Examination, International Baccalaureate Programme, Adopsi dan adaptif, Pembelajaran Tematik. %T MODIFIKASI DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MI MA’ARIF NU PUCANG SIDOARJO PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30586/ %X Nur Maulidiyah Munawaroh, “Modifikasi Dalam Implementasi Kurikulum MI Ma‟arif NU Pucang Sidoarjo Pada Pembelajaran Kelas IV”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian bertujuan untuk menjelaskan implementasi Kurikulum MI Ma‟arif NU Pucang dalam proses pembelajaran tematik dan mengetahui integrasi antara Kurikulum Internasional dan Kurikulum Nasional dengan sistem adopsi dan adaptif, mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat implementasi kurikulum MI Ma‟arif NU Pucang dalam proses pembelajaran. Manfaat penelitian untuk peneliti yaitu dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman langsung tentang implementasi Kurikulum Internasional (Cambridge dan IB) yang diadopsi dan adaptasi dengan Kurikulum Nasional dalam proses pembelajaran tematik di MI Ma‟arif NU Pucang Sidoarjo. Penelitian ini ialah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Aktifitas dalam analisis data menggunakan pendapat Miles dan Huberman meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Sementara itu, uji keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi serta Hasil dari penelitian menunjukan bahwa MI Ma‟arif NU Pucang Sidoarjo mengimplementasikan 3 kurikulum dalam pembelajarannya. Adapun kurikulumnya antara lain: Kurikulum 2013, Cambridge International Examination, dan International Baccalaureate Programme. Integrated Curriculum yakni menyatukan 3 kurikulum (Kurikulum 2013, Cambridge International Examination, dan International Baccalaureate Programme) dengan proses seleksi adopsi dan adaptif. Dan implementasi kurikulum MI Ma‟arif NU Pucang dibahas dalam tiga tahap yaitu pengembangan program, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Kemudian untuk faktor pendukung implementasi Kurikulum MI Ma‟arif NU Pucang dalam pembelajaran, yakni meliputi persiapan yang matang dari pihak madrasah untuk mengembangkan pendidikan, memiliki program pendukung untuk mengembangkan kemampuan peserta didik, memiliki kegiatan yang dapat mengembangkan kemampuan guru, dan faktor sarana prasarana yang memadai. Sementara itu faktor penghambatnya meliputi belum sempurnanya pembuatan RPP/IB(International Baccalaureate) Planner, kurang terlaksananya pembiasaan komunikasi dengan bahasa Inggris di dalam kelas, dan penilaian harian tidak selalu dilakukan setiap pembelajaran. %Z Moh. Agung Rokhimawan, M. Pd.,