%0 Thesis %9 Skripsi %A NUR HADY WATA UTAMI, NIM. 13480077 %B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2017 %F digilib:30587 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Media pembelajaran, tematik tema “Daerah Tempat Tinggalku”, kearifan lokal. %T PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ADOBE FLASH CS6 BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU UNTUK PESERTA DIDIK SD/MI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30587/ %X Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengembangkan media pembelajaran Adobe Flash CS6 berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik tema “Daerah Tempat Tinggalku” untuk MI/SD, (2) Memperoleh media pembelajaran yang layak digunakan pada pembelajaran tematik, (3) Mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran Adobe Flash CS6 berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik tema “Daerah Tempat Tinggalku” untuk MI/SD. Penelitian yang sudah peneliti lakukan ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4D (Define, Design, Development, dan Dissemination) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Proses pengembangan yang sudah dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu Define (pendefinisian), Design (perancangan), Development (pengembangan) dan Dissemination (penyebarluasan). Instrumen penilaian yang digunakan untuk melihat kelayakan media pembelajaran Adobe Flash CS6 berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik ini yaitu menggunakan lembar angket. Media pembelajaran dinilai oleh ahli media, ahli materi, peer reviewer, dan 2 guru kelas IV serta uji coba terbatas yang dilakukan oleh 10 siswa SD N Perumnas Condongcatur. Data nilai kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk data kualitatif kemudian diubah menjadi data kuantitatif. Data kuantitatif dianalisis tiap aspek penilaian. Skor terakhir yang diperoleh, dikonversi menjadi tingkat kelayakan produk secara kualitatif dengan pedoman menurut kriteria kategori penilaian ideal. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa (1) Media pembelajaran Adobe Flash CS6 berbasis kearifan lokal pada pembelajaran tematik tema “Daerah Tempat Tinggalku” untuk MI/SD berhasil disusun. (2) Hasil penilaian ahli materi diperoleh jumlah nilai dengan rata-rata 48, dengan klasifikasi kualitas media Sangat Baik (SB). Penilaian ahli media diperoleh jumlah nilai dengan rata-rata 46, dengan klasifikasi kualitas media Baik (B). Penilaian oleh peer reviewer diperoleh jumlah rata-rata nilai 112 dengan klasifikasi kualitas media Sangat Baik (SB). Penilaian oleh guru diperoleh jumlah rata-rata 113,5, dengan klasifikasi kualitas media Sangat Baik (SB). (3) Respon siswa diperoleh jumlah skor dengan rata-rata 10,4 dengan persentase 94,5% sehingga respon siswa dapat dikatakan positif. Dengan demikian, media dapat digunakan siswa dalam kegiatan pembelajaran tematik %Z Sigit Prasetyo, M. Pd. Si