eprintid: 3059 rev_number: 1 eprint_status: archive userid: 8 dir: disk0/00/00/30/59 lastmod: 2012-05-04 16:43:45 status_changed: 2012-05-04 16:43:45 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: EKO. MURWANTO - NIM. 03460500, title: GENIUS LEARNING STRATEGY SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN ALTERNATIF DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA (DI MTsN PRAMBANAN SLEMAN) ispublished: pub full_text_status: none keywords: Genius Learning, Minat, Prestasi dan Kreativitas Belajar. note: Cth. Pembimbing : Drs. Murtono, M.Si. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1). Mencari peningkatan Minat Belajar Fisika, 2). Mencari peningkatkan Prestasi Belajar Fisika (3) Mencari peningkatan Kreativitas Belajar Siswa kelas IX di MTsN Prambanan Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan jenis Eksperemen Reseach. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX MTsN Prambanan Sleman. Dan subyeknya yaitu kelas IX-E sebagai kelas Kontrol dan Kelas IX-A sebagai Kelas Eksperemen. Pengumpulan data dilakukan dengan Tes Prestasi Belajar Fisika serta Angket Minat dan Kreativitas Belajar siswa. Sedangkan Keabsahan data dilakukan dengan melakukan Uji Validitas dan Reliabilitas. Adapun analisis data yang digunakan diantranya, (1) Uji Normalitas, (2) Uji Homogenitas, (3) Uji T test, (4) Uji Anova,(5) Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penggunaan metode genius learning berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa dengan perbandingan nilai antara Kelas Kontrol dan Kelas Eksperemen didapati nilai pre test yaitu thitung ttabel atau (0,95 2,00) dan nilai post test thitung ttabel atau7 (9,83 2,00). (2) Penggunaan metode genius learning berpengaruh terhadap minat belajar siswa dengan perbandingan nilai uji tes minat awal didapati thitung ttabel atau (0,99 2,00) dan tes minat belajar akhir kedua kelas tersebut didapati thitung ttabel atau (7,24 2,00). (3) Penggunaan metode genius learning berpengaruh terhadap Kreativitas belajar siswa dengan perbandingan nilai tes kreativitas belajar awal didapati t hitung ttabel atau (0,71 2,00) dan dengan tes kreativitas belajar akhir didapati t hitung t tabel atau (7,03 2,00). Dengan bergitu metode genius learning bisa dijadikan sebagai metode pembelajaran alternatif dalam meningkatkan minat dan prestasi serta kreativitas belajar siswa. date: 2009-08-03 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: /S1 - Skripsi/Fakultas Saintek/ thesis_type: skripsi refereed: TRUE referencetext: jenis bahasa : Bahasa Indonesia ; 1 update terakhir : 2009-08-03 11:44:18 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ekomurwant-2779-1-eko.mur-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/56/digilib-uinsuka--ekomurwant-2779-1-eko.mur-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=3180 ; nama file lama : EKO. MURWANTO 03460500 GENIUS LEARNING STRATEGY SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN ALTERNATIF DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA (DI MTsN PRAMBANAN SLEMAN).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1902100 Kb. penulis : ; 1 1 update terakhir : 2009-08-03 11:44:18 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ekomurwant-2779-1-eko.mur-).pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/56/digilib-uinsuka--ekomurwant-2779-1-eko.mur-).pdf ; url download server lama : /download.php?id=3180 ; nama file lama : EKO. MURWANTO 03460500 GENIUS LEARNING STRATEGY SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN ALTERNATIF DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA (DI MTsN PRAMBANAN SLEMAN).pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1902100 Kb. penulis : ; Copyright 2009 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: EKO. MURWANTO - NIM. 03460500, (2009) GENIUS LEARNING STRATEGY SEBAGAI METODE PEMBELAJARAN ALTERNATIF DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA (DI MTsN PRAMBANAN SLEMAN). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.