%0 Thesis
%9 Skripsi
%A FITRIYAH KOYUMIYAH, NIM.: 13480131
%B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
%D 2018
%F digilib:30590
%I UIN SUNAN KALIJAGA
%K Problematika, Pembelajaran bahasa Jawa
%T PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS V  DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI I YOGYAKARTA
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30590/
%X Fitriyah Koyumiyah, “Problematika Pembelajaran Bahasa Jawa kelas V di  Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu  Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018.  Bahasa daerah telah mengalami berbagai perubahan. Bahasa Jawa  merupakan bahasa daerah sekaligus salah satu bentuk kebudayaan nasional  Indonesia yang perlu dijaga kelestariannya. Pemda DIY mengambil kebijakan  bahwa dalam rangka menghadapi era global, sebagai upaya pelestraian budaya  Jawa adalah para siswa pada jenjang pendidikan dasar dan menengah diberi mata  pelajaran bahasa Jawa sebagai muatan lokal wajib. Mata pelajaran bahasa Jawa  yang sudah dipelajari siswa sejak kelas 1 sekolah dasar seharusnya siswa sudah  benar-benar menguasai mata pelajaran ini. Namun demikian tidak semua siswa  dapat menerima mata pelajaran bahasa Jawa dengan mudah. Kesulitan-kesulitan  kerap muncul ketika mata pelajaran bahasa Jawa berlangsung. Siswa di MIN I  Yogyakarta menghadapi kesulitan tersebut, terutama berkaitan dengan kosakata  bahasa Jawa. Kesulitan lain yang dirasakan oleh siswa adalah terkait baca tulis  aksara Jawa. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana proses pelaksanaan  pembelajaran bahasa Jawa kelas V di MIN I Yogyakarta beserta problematikanya  dan mengetahui solusi atas problematika tersebut.  Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambil latar di  MIN I Yogyakarta Mendungan Giwangan Umbulharjo Yogyakarta. Pengumpulan  data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil  dikumpulkan, dan berdasarkan hasil analisis data tersebut akan dapat diambil  kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber  dan teknik.  Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses pembelajaran bahasa Jawa  kelas V di MIN I Yogyakarta dilaksanakan dengan menyesuaikan kurikulum  2013. Guru selalu mentranslate ke dalam bahasa Indonesia jika mengajar di kelas  menggunakan bahasa Jawa. Guru menggunakan waktu mengajar diantaranya  adalah untuk motivasi, materi, dan hiburan. (2) Problematika dalam pembelajaran  bahasa Jawa kelas V di MIN I Yogyakarta diantaranya adalah belum ada buku  ajar yang disesuaikan kurikulum yang digunakan. Siswa tidak semua berasal asli  dari Jawa maupun siswa yang berasal dari Jawa namun jarang menggunakan  bahasa Jawa sehingga merasa asing dengan bahasa Jawa yang diajarkan di dalam  kelas. Dan guru yang berperan sebagai pengajar, dalam merencanakan  pembelajaran khususnya terkait silabus adalah belum disesuaikan kurikulum yang  digunakan yaitu kurikulum 2013 yang memuat KI KD. (3) Solusi atas  problematika pembelajaran bahasa Jawa kelas V di MIN I Yogyakarta yang  diupayakan oleh guru mata pelajaran yang sekaligus Kepala Madrasah yaitu guru  tetap menggunakan buku yang ada dengan memilah dan memilih materi yang  sesuai dengan KI KD sebagaimana termuat dalam kurikulum 2013. Guru yang  sekaligus sebagai kepala madrasah bersama wakil bidang kurikulum dan  kesiswaan berupaya membiasakan kembali berbahasa Jawa di lingkungan  madrasah setiap hari sabtu melalui program ”One Day Bahasa Jawa”. Guru  viii  memaksimalkan kemampuan yang beliau miliki seperti beliau menggunakan  metode apa saja untuk membuat pembelajaran menjadi produktif, menarik para  siswa-siswanya, dan mengubah jadwal mengajar sehingga mendapatkan jam  mengajar pada awal jam sebagai bentuk antisipasi jadwal rapat dinas di luar  instansi yang sering diadakan pada siang hari.
%Z Dr. H. Sedya Santosa, S.S., M.Pd.,