TY  - THES
N1  - Dr. H. Sedya Santosa, S.S., M.Pd.,
ID  - digilib30590
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30590/
A1  - FITRIYAH KOYUMIYAH, NIM.: 13480131
Y1  - 2018/02/01/
N2  - Fitriyah Koyumiyah, ?Problematika Pembelajaran Bahasa Jawa kelas V di
Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Yogyakarta?. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu
Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2018.
Bahasa daerah telah mengalami berbagai perubahan. Bahasa Jawa
merupakan bahasa daerah sekaligus salah satu bentuk kebudayaan nasional
Indonesia yang perlu dijaga kelestariannya. Pemda DIY mengambil kebijakan
bahwa dalam rangka menghadapi era global, sebagai upaya pelestraian budaya
Jawa adalah para siswa pada jenjang pendidikan dasar dan menengah diberi mata
pelajaran bahasa Jawa sebagai muatan lokal wajib. Mata pelajaran bahasa Jawa
yang sudah dipelajari siswa sejak kelas 1 sekolah dasar seharusnya siswa sudah
benar-benar menguasai mata pelajaran ini. Namun demikian tidak semua siswa
dapat menerima mata pelajaran bahasa Jawa dengan mudah. Kesulitan-kesulitan
kerap muncul ketika mata pelajaran bahasa Jawa berlangsung. Siswa di MIN I
Yogyakarta menghadapi kesulitan tersebut, terutama berkaitan dengan kosakata
bahasa Jawa. Kesulitan lain yang dirasakan oleh siswa adalah terkait baca tulis
aksara Jawa. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana proses pelaksanaan
pembelajaran bahasa Jawa kelas V di MIN I Yogyakarta beserta problematikanya
dan mengetahui solusi atas problematika tersebut.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengambil latar di
MIN I Yogyakarta Mendungan Giwangan Umbulharjo Yogyakarta. Pengumpulan
data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil
dikumpulkan, dan berdasarkan hasil analisis data tersebut akan dapat diambil
kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber
dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses pembelajaran bahasa Jawa
kelas V di MIN I Yogyakarta dilaksanakan dengan menyesuaikan kurikulum
2013. Guru selalu mentranslate ke dalam bahasa Indonesia jika mengajar di kelas
menggunakan bahasa Jawa. Guru menggunakan waktu mengajar diantaranya
adalah untuk motivasi, materi, dan hiburan. (2) Problematika dalam pembelajaran
bahasa Jawa kelas V di MIN I Yogyakarta diantaranya adalah belum ada buku
ajar yang disesuaikan kurikulum yang digunakan. Siswa tidak semua berasal asli
dari Jawa maupun siswa yang berasal dari Jawa namun jarang menggunakan
bahasa Jawa sehingga merasa asing dengan bahasa Jawa yang diajarkan di dalam
kelas. Dan guru yang berperan sebagai pengajar, dalam merencanakan
pembelajaran khususnya terkait silabus adalah belum disesuaikan kurikulum yang
digunakan yaitu kurikulum 2013 yang memuat KI KD. (3) Solusi atas
problematika pembelajaran bahasa Jawa kelas V di MIN I Yogyakarta yang
diupayakan oleh guru mata pelajaran yang sekaligus Kepala Madrasah yaitu guru
tetap menggunakan buku yang ada dengan memilah dan memilih materi yang
sesuai dengan KI KD sebagaimana termuat dalam kurikulum 2013. Guru yang
sekaligus sebagai kepala madrasah bersama wakil bidang kurikulum dan
kesiswaan berupaya membiasakan kembali berbahasa Jawa di lingkungan
madrasah setiap hari sabtu melalui program ?One Day Bahasa Jawa?. Guru
viii
memaksimalkan kemampuan yang beliau miliki seperti beliau menggunakan
metode apa saja untuk membuat pembelajaran menjadi produktif, menarik para
siswa-siswanya, dan mengubah jadwal mengajar sehingga mendapatkan jam
mengajar pada awal jam sebagai bentuk antisipasi jadwal rapat dinas di luar
instansi yang sering diadakan pada siang hari.
PB  - UIN SUNAN KALIJAGA
KW  - Problematika
KW  -  Pembelajaran bahasa Jawa
M1  - skripsi
TI  - PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS V
DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI I YOGYAKARTA
AV  - restricted
ER  -