relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30609/ title: PENDIDIKAN DAMAI: Upaya Mencegah Budaya Anarkisme Pendidikan creator: Syamsuddin, Muh subject: Budaya dan Agama description: Kekerasan merupakan bentuk hegemonik dalam segala aspek kehidupan politik, ekonomi, sosial, hukum dan budaya. Hegemoni dalam pendidikan disebabkan oleh proses dehumanisasi dari substansi dan metode pembelajaran. Metode pengajaran yang berlangsung selama ini dilakukan dengan pendekatan pedagogi atau seorang guru, menjadi figur yang sempurna (mengetahui tentang banyak hal) dan siswa hanyalah obyek. Tindakan ini disebut kekerasan pendidikan. Kekerasan ini dapat merusak kepribadian. Tulisan ini mendiskusikan tentang upaya mencegah kekerasan yang terjadi dalam pendidikan melalui pendidikan damai. publisher: Laboratorium Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta date: 2015-04-01 type: Article type: PeerReviewed format: image language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30609/1/cover_issue_199_en_US.jpg format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30609/2/SR150902-Muh%20Syamsuddin.pdf identifier: Syamsuddin, Muh (2015) PENDIDIKAN DAMAI: Upaya Mencegah Budaya Anarkisme Pendidikan. Jurnal Sosiologi Reflektif, 9 (2). pp. 213-234. ISSN 1978-0362