%0 Journal Article %@ 1978-0362 %A Irawan, Rahmat Edi %D 2015 %F digilib:30611 %I Laboratorium Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta %J Jurnal Sosiologi Reflektif %K Media Massa, Pemberdayaan, Penonton Aktif dan Era Industri Televisi %N 2 %P 139-153 %T SIKAP PENONTON DALAM PROGRAM TELEVISI INDONESIA SAAT INI %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30611/ %V 9 %X Kajian dalam tulisan ini dilatarbelakangi meningkatnya laporan atau pengaduan masyarakat terhadap tayangan televisi yang disampaikan kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Tulisan ini bertujuan untuk melihat bagaimana pergeseran dari khalayak atau penonton yang pasif menjadi khalayak atau penonton yang aktif memberikan masukan terhadap tayangan televisi yang mereka terima, yang kini mulai terlihat juga pada penonton televisi di Indonesia. Metodologi atau kajian dalam tulisan ini menggunakan studi pustaka, untuk melihat bagaimana dijalankannya beberapa teori komunikasi massa, terutama yang berkaitan dengan dampak tayangan televisi pada penonton. Simpulan atau hasil dari kajian untuk tulisan ini adalah mulai terjadinya pergeseran penonton pasif ke penonton aktif di industri televisi Indonesia saat ini. Jika pada masa lalu, banyaknya hambatan, seperti rezim pemerintahan yang represif, tidak adanya pilihan program dan stasiun televisi serta belum adanya regulasi dan regulator menyebabkan lamanya penonton televisi di Indonesia bersikap pasif. Sementara saat ini, pemberdayaan penonton melalui berbagai media dan upaya yang dilakukan KPI menyebabkan kondisinya sudah berubah, penonton mulai aktif bersikap. Hal itu ditunjukkan dengan meningkatkan sikap kritis mereka, dengan banyaknya melakukan pengaduan atas tayangan yang melanggar regulasi baik melalui KPI atau media massa lainnya.