%A Yulfiana Rohmatin %A Eva Latipah %J Pendidikan Agama Islam %T SELF REGULATED LEARNING MAHASISWA DITINJAU DARI MOTIF MEMILIH JURUSAN %X Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan self regulated learning mahasiswa sekaligus menguji hubungan antara self regulated learning tersebut dengan motivasi mahasiswa dalam memilih jurusan. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga baik laki-laki maupun perempuan sebanyak 100 orang. Wawancara dan skala self regulated learning digunakan sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, self regulated learning mahasiswa secara keseluruhan berada dalam kategori sedang (62%) dengan aspek tertinggi berada dalam aspek motivasi diri (nilai rerata 20, 43). Kedua, ada hubungan positif yang signifikan antara self regulated learning dengan motivasi dalam memilih jurusan (r = 0,876 dan p = 0, 004). %N 1 %K self regulated learning, motivasi, jurusan pendidikan bahasa arab. %P 95-107 %V 12 %D 2015 %I Jurusan PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan %L digilib30612