@phdthesis{digilib30624,
           month = {February},
           title = {UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MEMBINA BUDAYA
ORGANISASI DAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN
DI MIN 5 KABUPATEN MAJALENGKA},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA},
          author = {NIM: 14490072 MAJDINA GHAISANI IFLYA},
            year = {2018},
            note = {Siti Nur Hidayah, S.Th.I., M. Sc.,},
        keywords = {Kepala Madrasah, Budaya Organisasi, Kinerja Guru dalam
Pembelajaran},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30624/},
        abstract = {Majdina Ghaisani Iflya, Upaya Kepala Madrasah dalam Membina
Budaya Organisasi dan Kinerja Guru dalam Pembelajaran di MIN 5 Kabupaten
Majalengka. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap budaya
organisasi dan kinerja guru dalam pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri
(MIN) 5 Kabupaten Majalengka. MIN tersebut adalah satu-satunya Madrasah
Ibtidaiyah di Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka. Permasalahan seperti
kurang pedulinya guru pada budaya organisasi yang ada, terdapat beberapa orang
guru yang selalu hadir terlambat, guru yang meninggalkan kelas sebelum
Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) selesai, dan kurang disiplin terhadap waktu
membuat peneliti tertarik untuk mengetahui budaya organisasi yang diterapkan
dan upaya kepala madrasah dalam membinanya. Selain itu, upaya-upaya
pembinaan kepala madrasah mengenai kinerja guru dalam pembelajaran juga akan
dianalisa dalam penelitian ini.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di
Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Kabupaten Majalengka. Teknik
pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan
dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik
deskriptif analitik dengan cara mengumpulkan semua data dari observasi di
lapangan, wawancara, dokumen resmi/tidak resmi, dan foto/gambar hasil
penelitian. Data tersebut kemudian ditranskip, dipelajari, ditelaah, dianalisa dan
disimpulkan dalam bentuk deskripsi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan budaya organisasi pada
MIN 5 Kabupaten Majalengka tercermin dari nilai-nilai Religius dalam beberapa
kegiatan madrasah, suasana kekeluargaan, dan suri tauladan yang diberikan oleh
kepala madrasah. Akan tetapi, penerapan budaya organisasi tersebut belum
optimal dikarenakan masih terdapat beberapa hambatan. (2) Upaya kepala
madrasah dalam membina budaya organisasi dilakukan melalui dua cara, yaitu
cara yang ditunjukan kepala madrasah dengan melaksanakan peran dan
tanggungjawabnya berdasarkan kompetensi yang dimiliki, dan melalui kegiatan
pengembangan diri untuk siswa. (3) Teknik kepala madrasah untuk membina
kinerja guru dalam pembelajaran adalah dengan kunjungan kelas, pertemuan
pribadi, rapat dewan guru, pertemuan kelompok kerja, serta pelatihan dan
pembinaan guru.}
}