relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30624/
title: UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MEMBINA BUDAYA  ORGANISASI DAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN  DI MIN 5 KABUPATEN MAJALENGKA
creator: MAJDINA GHAISANI IFLYA, NIM: 14490072
subject: Organisasi
description: Majdina Ghaisani Iflya, Upaya Kepala Madrasah dalam Membina  Budaya Organisasi dan Kinerja Guru dalam Pembelajaran di MIN 5 Kabupaten  Majalengka. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan  Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018.  Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap budaya  organisasi dan kinerja guru dalam pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri  (MIN) 5 Kabupaten Majalengka. MIN tersebut adalah satu-satunya Madrasah  Ibtidaiyah di Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka. Permasalahan seperti  kurang pedulinya guru pada budaya organisasi yang ada, terdapat beberapa orang  guru yang selalu hadir terlambat, guru yang meninggalkan kelas sebelum  Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) selesai, dan kurang disiplin terhadap waktu  membuat peneliti tertarik untuk mengetahui budaya organisasi yang diterapkan  dan upaya kepala madrasah dalam membinanya. Selain itu, upaya-upaya  pembinaan kepala madrasah mengenai kinerja guru dalam pembelajaran juga akan  dianalisa dalam penelitian ini.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di  Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Kabupaten Majalengka. Teknik  pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan  dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik  deskriptif analitik dengan cara mengumpulkan semua data dari observasi di  lapangan, wawancara, dokumen resmi/tidak resmi, dan foto/gambar hasil  penelitian. Data tersebut kemudian ditranskip, dipelajari, ditelaah, dianalisa dan  disimpulkan dalam bentuk deskripsi.  Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan budaya organisasi pada  MIN 5 Kabupaten Majalengka tercermin dari nilai-nilai Religius dalam beberapa  kegiatan madrasah, suasana kekeluargaan, dan suri tauladan yang diberikan oleh  kepala madrasah. Akan tetapi, penerapan budaya organisasi tersebut belum  optimal dikarenakan masih terdapat beberapa hambatan. (2) Upaya kepala  madrasah dalam membina budaya organisasi dilakukan melalui dua cara, yaitu  cara yang ditunjukan kepala madrasah dengan melaksanakan peran dan  tanggungjawabnya berdasarkan kompetensi yang dimiliki, dan melalui kegiatan  pengembangan diri untuk siswa. (3) Teknik kepala madrasah untuk membina  kinerja guru dalam pembelajaran adalah dengan kunjungan kelas, pertemuan  pribadi, rapat dewan guru, pertemuan kelompok kerja, serta pelatihan dan  pembinaan guru.
date: 2018-02-22
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30624/1/14490072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30624/2/14490072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
identifier:   MAJDINA GHAISANI IFLYA, NIM: 14490072  (2018) UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MEMBINA BUDAYA ORGANISASI DAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI MIN 5 KABUPATEN MAJALENGKA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.