eprintid: 30624 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/06/24 datestamp: 2018-10-09 08:44:36 lastmod: 2018-10-09 08:44:42 status_changed: 2018-10-09 08:44:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: MAJDINA GHAISANI IFLYA, NIM: 14490072 title: UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MEMBINA BUDAYA ORGANISASI DAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI MIN 5 KABUPATEN MAJALENGKA ispublished: pub subjects: or_ganisasi divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: Kepala Madrasah, Budaya Organisasi, Kinerja Guru dalam Pembelajaran note: Siti Nur Hidayah, S.Th.I., M. Sc., abstract: Majdina Ghaisani Iflya, Upaya Kepala Madrasah dalam Membina Budaya Organisasi dan Kinerja Guru dalam Pembelajaran di MIN 5 Kabupaten Majalengka. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap budaya organisasi dan kinerja guru dalam pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Kabupaten Majalengka. MIN tersebut adalah satu-satunya Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Palasah, Kabupaten Majalengka. Permasalahan seperti kurang pedulinya guru pada budaya organisasi yang ada, terdapat beberapa orang guru yang selalu hadir terlambat, guru yang meninggalkan kelas sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) selesai, dan kurang disiplin terhadap waktu membuat peneliti tertarik untuk mengetahui budaya organisasi yang diterapkan dan upaya kepala madrasah dalam membinanya. Selain itu, upaya-upaya pembinaan kepala madrasah mengenai kinerja guru dalam pembelajaran juga akan dianalisa dalam penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 5 Kabupaten Majalengka. Teknik pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analitik dengan cara mengumpulkan semua data dari observasi di lapangan, wawancara, dokumen resmi/tidak resmi, dan foto/gambar hasil penelitian. Data tersebut kemudian ditranskip, dipelajari, ditelaah, dianalisa dan disimpulkan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) penerapan budaya organisasi pada MIN 5 Kabupaten Majalengka tercermin dari nilai-nilai Religius dalam beberapa kegiatan madrasah, suasana kekeluargaan, dan suri tauladan yang diberikan oleh kepala madrasah. Akan tetapi, penerapan budaya organisasi tersebut belum optimal dikarenakan masih terdapat beberapa hambatan. (2) Upaya kepala madrasah dalam membina budaya organisasi dilakukan melalui dua cara, yaitu cara yang ditunjukan kepala madrasah dengan melaksanakan peran dan tanggungjawabnya berdasarkan kompetensi yang dimiliki, dan melalui kegiatan pengembangan diri untuk siswa. (3) Teknik kepala madrasah untuk membina kinerja guru dalam pembelajaran adalah dengan kunjungan kelas, pertemuan pribadi, rapat dewan guru, pertemuan kelompok kerja, serta pelatihan dan pembinaan guru. date: 2018-02-22 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: MAJDINA GHAISANI IFLYA, NIM: 14490072 (2018) UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MEMBINA BUDAYA ORGANISASI DAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI MIN 5 KABUPATEN MAJALENGKA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30624/1/14490072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30624/2/14490072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf