eprintid: 30628 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/06/28 datestamp: 2018-11-08 08:54:47 lastmod: 2018-11-08 08:54:54 status_changed: 2018-11-08 08:54:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ANIS HIDAYAH, NIM: 14490029 title: MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM MENCAPAI TARGET HAFALAN DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: mnj divisions: jur_kis2 full_text_status: restricted keywords: Manajemen Pembelajaran, Tahfidz Al-Qur’an, Target Hafalan. note: Drs. H. Mangun Budiyanto, M.S.I., abstract: Anis Hidayah, Manajemen Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dalam Mencapai Target Hafalan di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peneliti terhadap pengelolaan pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di sekolah. SMP IT Abu Bakar Yogyakarta merupakan lembaga pendidikan Islam formal yang berusaha membimbing siswanya untuk cinta terhadap Al-Qur’an dan mencetak generasi penghafal Al-Qur’an. Pembelajaran tahfidz Al-Qur’an di sekolah ini mempunyai target hafalan minimal. Untuk mencapai target dan kemajuan hafalan tentunya tidak terlepas dari pengelolaan pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis manajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur’an yang meliputi perencanaan pembelajaran, pengorganisasian pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan model studi kasus. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan melalui triangulasi sumber dan triangulasi teknik serta mengacu kepada landasan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Manajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur’an dalam mencapai target hafalan di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta meliputi: (a) perencanaan pembelajaran yang mencakup target hafalan, tujuan pembelajaran, program pembelajaran, alokasi waktu, dan perangkat pembelajaran, (b) pengorganisasian pembelajaran dengan pembagian tim mengajar dan pengelompokan siswa, (c) pelaksanaan pembelajaran dengan adanya kegiatan pembelajaran dan motivasi pembelajaran, (d) evaluasi pembelajaran melalui evaluasi proses dan evaluasi hasil. (2) Faktor pendukung pembelajaran tahfidz Al-Qur’an adalah: (a) target hafalan dijadikan sebagai salah satu syarat kenaikan/kelulusan siswa, (b) adanya program matrikulasi, (c) adanya program pesantren tahfidz, (d) forum komunikasi guru. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: (a) sebagian guru belum memiliki mental yang kuat dalam menghadapi siswa, (b) kedisiplinan siswa kurang, (c) alat peraga yang kurang lengkap, (d) jumlah buku belum sesuai dengan jumlah siswa, (e) waktu pembelajaran singkat, (f) bacaan Al-Qur’an siswa kurang lancar. (3) Hasil implementasi manajemen pembelajaran tahfidz Al-Qur’an, yakni siswa yang belum mencapai target minimal 2 juz sebesar 37,3 %. Sedangkan siswa yang sudah melebihi target minimal sebesar 62,7 %. date: 2018-02-27 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ANIS HIDAYAH, NIM: 14490029 (2018) MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM MENCAPAI TARGET HAFALAN DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30628/1/14490029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30628/2/14490029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf