relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30630/ title: STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMK MUHAMMADIYAH SALAMAN MAGELANG creator: MARIANA ULFA, NIM : 13490064 subject: Manajemen description: Mariana ulfa, Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan di SMK Muhmmadiyah Salaman Magelang, Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2018. Latar belakang penelitian ini bermula dari ketertarikan peniliti terhadap pemasaran jasa yang dilakukan oleh SMK Muhammadiyah Salaman Magelang, karena meski di tengah kompetisi pemasaran jasa pendidikan yang sangat ketat saat ini SMK Muhammadiyah Salaman Magelang mampu bertahan dan bersaing unggul dengan penyelenggara pendidikan lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor perilaku konsumen dan strategi pemasaran yang digunakan di SMK Muhammadiyah Salaman Magelang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yang menjadi sasaran dari penelitian ini adalah seluruh warga sekolah yang terlibat dalam proses pemasaran jasa pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tringulasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Dalam hal ini peneliti mengungkapkan mengenai faktor perilaku konsumen dan strategi pemasaran yang diimplementasikan di SMK Muhammadiyah Salaman Magelang. Hasil penelitian ini menunjukkan bawha pertama Perilaku konsumen di SMK Muhammadiyah Salaman Magelang dipengaruhi oleh 1) faktor budaya, budaya disini yang mempengaruhi adalah budaya mengikuti jejak keluarga; 2) faktor sosial lebih cenderung kepada keadaan ekonomi dan harga menjadi pertimbangannya; 3) faktor keluarga, orang tua mempunyai wewenang penuh dalam pengambilan keputusan; 4) faktor pribadi merupakan faktor yang berdasarkan karakteristik dari kepribadian konsumen; 5) faktor psikologis adalah yang mempengaruhi motivasi dan presepsi dari konsumen. Faktor-faktor dalam perilaku konsumen di SMK Muhammadiyah Salaman Magelang mempunyai keterkaitan satu dengan yang lainnya. Faktor perilaku konsumen dijadikan rujukan dalam menetapkan strategi pemasaran. Kedua Secara keseluruhan SMK Muhammadiyah Salaman Magelang telah memenuhi unsur 2 strategi yaitu strategi persaingan (mind share strategy) dan strategi bauran pemasaran (marketing mix).Strategi persaingan dilakukan dengan membagi strategi menjadi 3 usur yaitu segmentasi pasar, targetting dan positioning. Strategi bauran pasar di SMK Muhammadiyah Salaman Magelang secara keseluruhan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap konsumen dalam menetepkan pilihannya. Dengan menunjukkan keunggulan dari setiap unsur bauran pasar dan membentuk citra dengan unsur strategi persaingan secara keseluruhan dapat mempengaruhi presepsi konsumen, sehingga kosnumen menetapkan pilihannya kepada SMK Muhammadiyah Salaman Magelang. date: 2017-02-12 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30630/1/13490063_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30630/2/13490063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: MARIANA ULFA, NIM : 13490064 (2017) STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI SMK MUHAMMADIYAH SALAMAN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.