TY - THES N1 - Drs. Mujahid, M.Ag ID - digilib30638 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30638/ A1 - SUDIANTRI, NIM 11410030 Y1 - 2018/05/02/ N2 - Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa sebaikbaik manusia adalah yang belajar dan mengajarkan Alquran. Mempelajari ta?s?n merupakan sesuatu yang perlu karena merupakan sarana mempelajari Alquran. SD Al-Islam merupakan sekolah yang memperhatikan pembelajaran ta?s?n Alquran di sekolah. Pembelajaran Alquran yang baik membutuhkan sebuah sistem yang mampu menjamin mutu setiap anak atau orang yang belajar membaca Alquran agar cepat dan mudah membaca Alquran secara tartil. SD Al-Islam memilih metode ummi dalam pembelajaran Alquran di sekolah. Berdasarkan latarbelakang tersebut, yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan pembelajaran ta?s?n metode ummi di sekolah dan apakah pembelajaran ta?s?n menggunakan metode ummi efektif untuk meningkatkan kemampuan ta?s?n siswa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan metode campuran atau mix methods dan menggunakan strategi embedded konkuren. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan penalaran induktif dan analisis kuantitatif dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan standar waktu pembelajaran, penerapan pembelajaran ta?s?n Alquran di SD Al-Islam sudah sesuai standar waktu metode ummi. Dalam tahapan pembelajaran, SD Al-Islam sudah melaksanakan 7 tahapan pembelajaran metode ummi namun belum maksimal. Penerapan sistem pembelajaran ta?s?n metode ummi belum diterapkan secara menyeluruh, antara lain: a) tidak semua guru Alquran tersertifikasi metode ummi, artinya 1 dari 9 pilar bangunan mutu ummi belum terpenuhi. b) secara metodologi pembelajaran, SD Al-Islam belum mampu menerapkan 1 dari 4 model pembelajaran metode ummi, yakni model pembelajaran baca simak murni atau model xii pembelajaran ideal. Penerapan metode ummi dalam pembelajaran ta?s?n Alquran di SD Al-Islam tidak efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil ketercapaian pembelajaran ta?s?n siswa, yakni sebanyak 81.25% siswa tidak lulus ta?s?n sesuai target pembelajaran ta?s?n metode ummi, 6.94% siswa lulus ta?s?n sesuai target pembelajaran ta?s?n metode ummi dan 11.81% siswa lulus ta?s?n di atas target pembelajaran metode ummi. Dari penelitian yang telah dilakukan terdapat beberapa kendala penerapan metode ummi di sekolah, antara lain: a) sulitnya sertifikasi guru. b) kemampuan setiap siswa berbeda-beda. c) guru belum mampu menjadikan pembelajaran kelompoknya menjadi kelompok pembelajaran ideal dengan model pembelajaran ideal. PB - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA KW - Efektivitas KW - Pembelajaran Ta?s?n KW - Metode Ummi. M1 - skripsi TI - EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TA?S?N ALQURAN MENGGUNAKAN METODE UMMI DI SD AL-ISLAM TAMBAKBAYAN YOGYAKARTA AV - restricted EP - 272 ER -