%0 Thesis
%9 Skripsi
%A ANNISA MAYASARI, NIM. 14410200
%B FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
%D 2018
%F digilib:30641
%I UIN SUNAN KALIJAGA
%K Implementasi, Pendidikan Karakter, Aktualisasi, Religius-Sosial,  Boarding School
%P 198
%T IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER  DAN AKTUALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS-SOSIAL  DALAM SISTEM BOARDING SCHOOL  DI SMA ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA  SKRIPSI
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30641/
%X Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan karakter sebagai  salah satu bentuk pembaharuan pendidikan di Indonesia perlu diterapkan secara  optimal untuk menghindari dekadensi moral generasi bangsa dan sekaligus  mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Implementasi pendidikan karakter  tersebut salah satunya dapat dilakukan melalui sistem pendidikan boarding school  sehingga dapat membantu peserta didik mengaktualisasikan nilai-nilai karakter  dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana  pendekatan dalam implementasi pendidikan karakter, bagaimana aktualisasi nilainilai  religius-sosial serta apa saja faktor yang mendukung dan menghambat  impelementasi dan aktualisasi nilai karakter dalam sistem boarding school.  Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang  implementasi pendidikan karakter dan aktualisasi nilai-nilai religius-sosial dalam  sistem boarding school serta kendala-kendala yang dihadapi.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar  SMA-IT Abu Bakar Yogyakarta yang menerapkan sistem boarding school.  Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam,  pengamatan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengorganisasikan  data dan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, kemudian  dari makna tersebut dibuat kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan  dengan mengadakan triangulasi melalui pengecekan data dari berbagai sumber  dengan berbagai cara dan waktu.  Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi pendidikan karakter dalam  sistem boarding school di SMA-IT Abu Bakar Yogyakarta dilakukan melalui tiga  pendekatan yaitu pendekatan individual, pendekatan kultural dan pendekatan  eksternal. (2) Aktualisasi nilai-nilai religius-sosial dalam sistem boarding school di  SMA-IT Abu Bakar Yogyakarta sudah terbentuk oleh warga asrama karena adanya  kesadaran untuk taat beribadah dan melakukan kebaikan sebagai bentuk dari nilai  religius dan kesadaran akan rasa saling memahami, toleransi, dan peduli kepada  orang lain sebagai bentuk dari nilai sosial. (3) Faktor pendukung implementasi  pendidikan karakter dan aktualisasi nilai-nilai religius-sosial dalam sistem boarding  school antara lain pengetahuan pribadi dan perasaan sosial, adanya kekompakaan  antara sekolah dan asrama, latar belakang peserta didik, pola asuh, lingkungan  dekat dengan warga, kartu Mutabaah Yaumiyah, larangan membawa HP,  pelaksanaan iqab dan pemberian penghargaan, serta adanya dukungan dari orang  tua peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain perbedaan desain  program sekolah, keberagaman peserta didik, lingkungan yang cukup kompleks,  kegiatan musyrif/musyrifah di luar asrama, dan adanya kemajuan teknologi.
%Z Dr. Sri Sumarni, M.Pd.