eprintid: 30641
rev_number: 12
eprint_status: archive
userid: 6
dir: disk0/00/03/06/41
datestamp: 2018-11-13 06:48:17
lastmod: 2018-11-13 06:48:24
status_changed: 2018-11-13 06:48:17
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: ANNISA MAYASARI, NIM. 14410200
title: IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER
DAN AKTUALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS-SOSIAL
DALAM SISTEM BOARDING SCHOOL
DI SMA ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA
SKRIPSI
ispublished: pub
subjects: P
divisions: jur_pai
full_text_status: restricted
keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Aktualisasi, Religius-Sosial,
Boarding School
note: Dr. Sri Sumarni, M.Pd.
abstract: Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan karakter sebagai
salah satu bentuk pembaharuan pendidikan di Indonesia perlu diterapkan secara
optimal untuk menghindari dekadensi moral generasi bangsa dan sekaligus
mewujudkan tujuan pendidikan nasional. Implementasi pendidikan karakter
tersebut salah satunya dapat dilakukan melalui sistem pendidikan boarding school
sehingga dapat membantu peserta didik mengaktualisasikan nilai-nilai karakter
dalam kehidupan sehari-hari. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana
pendekatan dalam implementasi pendidikan karakter, bagaimana aktualisasi nilainilai
religius-sosial serta apa saja faktor yang mendukung dan menghambat
impelementasi dan aktualisasi nilai karakter dalam sistem boarding school.
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang
implementasi pendidikan karakter dan aktualisasi nilai-nilai religius-sosial dalam
sistem boarding school serta kendala-kendala yang dihadapi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar
SMA-IT Abu Bakar Yogyakarta yang menerapkan sistem boarding school.
Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam,
pengamatan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengorganisasikan
data dan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, kemudian
dari makna tersebut dibuat kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan
dengan mengadakan triangulasi melalui pengecekan data dari berbagai sumber
dengan berbagai cara dan waktu.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Implementasi pendidikan karakter dalam
sistem boarding school di SMA-IT Abu Bakar Yogyakarta dilakukan melalui tiga
pendekatan yaitu pendekatan individual, pendekatan kultural dan pendekatan
eksternal. (2) Aktualisasi nilai-nilai religius-sosial dalam sistem boarding school di
SMA-IT Abu Bakar Yogyakarta sudah terbentuk oleh warga asrama karena adanya
kesadaran untuk taat beribadah dan melakukan kebaikan sebagai bentuk dari nilai
religius dan kesadaran akan rasa saling memahami, toleransi, dan peduli kepada
orang lain sebagai bentuk dari nilai sosial. (3) Faktor pendukung implementasi
pendidikan karakter dan aktualisasi nilai-nilai religius-sosial dalam sistem boarding
school antara lain pengetahuan pribadi dan perasaan sosial, adanya kekompakaan
antara sekolah dan asrama, latar belakang peserta didik, pola asuh, lingkungan
dekat dengan warga, kartu Mutabaah Yaumiyah, larangan membawa HP,
pelaksanaan iqab dan pemberian penghargaan, serta adanya dukungan dari orang
tua peserta didik. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain perbedaan desain
program sekolah, keberagaman peserta didik, lingkungan yang cukup kompleks,
kegiatan musyrif/musyrifah di luar asrama, dan adanya kemajuan teknologi.
date: 2018-02-12
date_type: published
pages: 198
institution: UIN SUNAN KALIJAGA
department: FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   ANNISA MAYASARI, NIM. 14410200  (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DAN AKTUALISASI NILAI-NILAI RELIGIUS-SOSIAL DALAM SISTEM BOARDING SCHOOL DI SMA ISLAM TERPADU ABU BAKAR YOGYAKARTA SKRIPSI.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30641/1/14410200_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30641/2/14410200_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf