eprintid: 30646 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/06/46 datestamp: 2018-11-14 07:40:32 lastmod: 2018-11-14 07:40:41 status_changed: 2018-11-14 07:40:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: IQBAL SYAFRI, NIM 12410125 title: PENANGGULANGAN PERILAKU KENAKALAN REMAJA (JUVENILE DELINQUENCY) MELALUI MUHASABAH DIRI KELAS X DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kenakalan Remaja, Muhasabah Diri, Pendidikan Agama Islam note: Drs. Nur Hamidi, MA abstract: Iqbal Syafri. Pencegahan Perilaku Kenakalan Remaja (Juvenile Delinquency) Melalui Muhasabah Diri Kelas X di Madrasah Mu‟allimin Muhammadiyah Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Latar belakang penelitian ini adalah mencari tahu tentang pencegahan kenakalan remaja melalui kegiatan muhasabah diri yang berada di Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan psikologi pendidikan. Penelitian ini mengambil latar Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Bentuk-bentuk kenakalan remaja siswa kelas X Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta meliputi kenakalan sosial yang tidak menimbulkan korban dipihak lain, kenakalan yang melawan status, kenakalan yang menimbulkan korban fisik, kenakalan yang menimbulkan korban materi, sekaligus kategori kenakalan ringan, kenakalan sedang dan kenakalan berat. Sebab-sebab kenakalan remaja kelas X Madrasah Muallimin Muhammadiyah Yogyakarta yaitu masa kebebasan memasuki tingkat senior, paksaan orang tua, munculnya rasa bosan, korban kegagalan rumah tangga, pengaruh teman sejawatkegagalan adaptasi dengan lingkungan sekolah dan sebagainya. (2) kegiatan muhasabah diri yang berupa client centered theraphy atau terapi bicara non-direktif mengandung praktik-praktik muhasabah yang terwujud dalam bentuk-bentuk muhasabah diri berupa muraqabah, muhasabah, mujahadah, dan mu‟atabah. Kegiatan muhasabah tersebut menunjukkan hasil yang positif dan dapat menanggulangi kenakalan remaja di kelas X secara efektif. date: 2018-02-23 date_type: published pages: 152 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: IQBAL SYAFRI, NIM 12410125 (2018) PENANGGULANGAN PERILAKU KENAKALAN REMAJA (JUVENILE DELINQUENCY) MELALUI MUHASABAH DIRI KELAS X DI MADRASAH MU’ALLIMIN MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30646/1/12410125_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30646/2/12410125_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf