eprintid: 30647 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/06/47 datestamp: 2018-11-14 07:40:46 lastmod: 2018-11-14 07:40:56 status_changed: 2018-11-14 07:40:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Joko Purnomo, NIM.12410221 title: PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU KESOPANAN SISWA KELAS VIII SMP N 1 GAMPING SLEMAN ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Pengaruh Persepsi Siswa Tentang PAI terhadap Perilaku kesopanan note: Dr. Hj. Sri Sumarni M.Pd abstract: Pendidikan Agama Islam (PAI) merupakan mata pelajaran yang memahamkan siswa muslim akan agama Islam, baik dalam aqidah, tarikh, fiqh, al-Qur‟an , Al-Hadist dan akhlak sehingga siswa yang mengikuti pembelajaran dengan baik akan memiliki izzah Islam atau jatidiri Islam. Menilik fenomena yang terjadi di sekitar yaitu salah satu fenomena perilaku kessopanan, peneliti mencoba mencari korelasi dan hubungan Pendidikan Agama Islam terhadap perilaku kesopanan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional, karena bertujuan untuk mengungkap hubungan antar variabel. Variabel adalah obyek penelitian, apa yang menjadi kritik titik perhatia penelitian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Gamping sebanyak 110 siswa muslim. Pengambilan samle dilakukan dengan cara random sampling dengan urutan 1 kelas untuk megecek validitas dan reabilitias angket dan 3 kelas lainnya sebagai sampel sesuai anjuran dosen pembimbing. Pengumpulan data dalam penelitian ini yang utama dengan metode angket yang di dukung dengan metode observasi dan wawancara. Analisis Instrumen meliputi analisis validitas, reabilitas. Analisis data meliputi analisis komparatif dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh persepsi siswa tentang PAI terhadap perilaku kesopanan siswa kelas VIII SMP N 1 Gamping pada kedua skala yang digunakan t hitung output menunjukkan angka 5, 873. Sementara t tabel dengan 89 responden pada taraf signifikasi 5% adalah 2,000. . Berdasarkan tabel diatas menunjukan bahwa nilai t hitung> t tabel ( 5,378 >2,000). Berdasarkan tabel summary, diketahui r atau nilai korelasi kedua variabel adalah 0, 500 dan r tabel 0,278. Nilai itu menunjukan terdapat korelasi antara persepsi siswa tentang pembelajaran PAI terhadap perilaku kesopanan siswa kelas VIII SMP N 1 Gamping (r hitung> r tabel)= 0,500>0,278. Sedangkan nilai r square atau koefisien determinasi pada penelitian ini adalah 0,250. Angka tersebut menunjukkan bahwa persepsi siswa tentang pembelajaran PAI berpengaruh signifikan terhadap perilaku kesopanan siswa kelas VIII SMP N 1 Gamping sebesar 25%. Sementara 75% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. date: 2018-03-01 date_type: published pages: 118 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Joko Purnomo, NIM.12410221 (2018) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PERILAKU KESOPANAN SISWA KELAS VIII SMP N 1 GAMPING SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30647/1/12410221_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30647/2/12410221_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf