relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30653/
title: PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM  DALAM MENANGKAL RADIKALISME ISLAM  PADA PESERTA DIDIK SMA N 8 YOGYAKARTA
creator: Fathul Hidayat, NIM. 13410010
subject: Pendidikan Agama Islam
description: Latar belakang penelitian ini adalah semakin besar isu munculnya  kelompok radikalisme Islam dan fakta sejarah bahwa terjadi kekerasan atas nama  agama Islam. Hal ini diperkuat dengan riset yang dilakukan Center for Religious  and Cross Cultural Studies Universitas Gadjah Mada dan LKiS, bahwa terdapat  beberapa sekolah menengah atas yang memiliki kecenderungan radikal dalam  memahami keagamaan. Dari kondisi dan persoalan tersebut guru PAI perlu dalam  menangkal radikalisme Islam. Dalam pencegahan tersebut maka guru PAI  membutuhkan berbagai macam program yang dianggap mampu dalam menangkal  radikalisme Islam, sehingga tujuan dalam penanganan radikalisme Islam dapat  terpenuhi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan  menganalisis tentang sejauh mana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam  menangkal radikalisme Islam di SMA Negeri 8 Yogyakarta.  Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif.  Penelitan ini mengambil latar belakang di SMA Negeri 8 Yogyakarta.  Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Keabsahan data menggunakan triangulasi, baik sumber, teknik, maupun waktu.  Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,  dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran guru PAI dalam  menangkal radikalisme Islam pada peserta didik SMA N 8 Yogyakarta adalah  guru sebagai pendidik, pengajar, model dan teladan, evaluator, dan penggerak. (2)  Hasil peran guru PAI dalam menangkal radikalisme Islam adalah guru sebagai  pendidik peserta didik mengetahui bahaya radikalisme Islam, sebagai pengajar  peserta didik terbuka dalam menerima pemahaman yang berbeda, sebagai model  dan teladan peserta didik memiliki sikap toleransi dan cinta tanah air, sebagai  evaluator menanamkan agama yang rahmatanlil‟alamin, sebagai penggerak  tercipta suasana damai melalui kegiatan sekolah. (3) Faktor pendukung guru PAI  dalam menangkal radikalisme kepada peserta didik adanya sarana dan prasarana  seperti mushola dan perpustakaan, tata tertib,kerjasama sekolah dengan pihak lain.  Faktor penghambat adanya perkembangan IPTEK, dan latar belakang peserta  didik
date: 2018-03-07
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30653/1/13410010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30653/2/13410010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
identifier:   Fathul Hidayat, NIM. 13410010  (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGKAL RADIKALISME ISLAM PADA PESERTA DIDIK SMA N 8 YOGYAKARTA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.