%A NIM. 13410010 Fathul Hidayat
%O Drs. Ahmad Hanany Naseh, MA
%T PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
DALAM MENANGKAL RADIKALISME ISLAM
PADA PESERTA DIDIK SMA N 8 YOGYAKARTA
%X Latar belakang penelitian ini adalah semakin besar isu munculnya
kelompok radikalisme Islam dan fakta sejarah bahwa terjadi kekerasan atas nama
agama Islam. Hal ini diperkuat dengan riset yang dilakukan Center for Religious
and Cross Cultural Studies Universitas Gadjah Mada dan LKiS, bahwa terdapat
beberapa sekolah menengah atas yang memiliki kecenderungan radikal dalam
memahami keagamaan. Dari kondisi dan persoalan tersebut guru PAI perlu dalam
menangkal radikalisme Islam. Dalam pencegahan tersebut maka guru PAI
membutuhkan berbagai macam program yang dianggap mampu dalam menangkal
radikalisme Islam, sehingga tujuan dalam penanganan radikalisme Islam dapat
terpenuhi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan
menganalisis tentang sejauh mana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam
menangkal radikalisme Islam di SMA Negeri 8 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif.
Penelitan ini mengambil latar belakang di SMA Negeri 8 Yogyakarta.
Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Keabsahan data menggunakan triangulasi, baik sumber, teknik, maupun waktu.
Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran guru PAI dalam
menangkal radikalisme Islam pada peserta didik SMA N 8 Yogyakarta adalah
guru sebagai pendidik, pengajar, model dan teladan, evaluator, dan penggerak. (2)
Hasil peran guru PAI dalam menangkal radikalisme Islam adalah guru sebagai
pendidik peserta didik mengetahui bahaya radikalisme Islam, sebagai pengajar
peserta didik terbuka dalam menerima pemahaman yang berbeda, sebagai model
dan teladan peserta didik memiliki sikap toleransi dan cinta tanah air, sebagai
evaluator menanamkan agama yang rahmatanlil‟alamin, sebagai penggerak
tercipta suasana damai melalui kegiatan sekolah. (3) Faktor pendukung guru PAI
dalam menangkal radikalisme kepada peserta didik adanya sarana dan prasarana
seperti mushola dan perpustakaan, tata tertib,kerjasama sekolah dengan pihak lain.
Faktor penghambat adanya perkembangan IPTEK, dan latar belakang peserta
didik
%K Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Radikalisme
%D 2018
%I UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
%L digilib30653