eprintid: 30653 rev_number: 17 eprint_status: archive userid: 6 dir: disk0/00/03/06/53 datestamp: 2018-11-14 11:11:32 lastmod: 2018-11-14 11:11:38 status_changed: 2018-11-14 11:11:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Fathul Hidayat, NIM. 13410010 title: PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGKAL RADIKALISME ISLAM PADA PESERTA DIDIK SMA N 8 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Peran, Guru Pendidikan Agama Islam, Radikalisme note: Drs. Ahmad Hanany Naseh, MA abstract: Latar belakang penelitian ini adalah semakin besar isu munculnya kelompok radikalisme Islam dan fakta sejarah bahwa terjadi kekerasan atas nama agama Islam. Hal ini diperkuat dengan riset yang dilakukan Center for Religious and Cross Cultural Studies Universitas Gadjah Mada dan LKiS, bahwa terdapat beberapa sekolah menengah atas yang memiliki kecenderungan radikal dalam memahami keagamaan. Dari kondisi dan persoalan tersebut guru PAI perlu dalam menangkal radikalisme Islam. Dalam pencegahan tersebut maka guru PAI membutuhkan berbagai macam program yang dianggap mampu dalam menangkal radikalisme Islam, sehingga tujuan dalam penanganan radikalisme Islam dapat terpenuhi. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang sejauh mana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam menangkal radikalisme Islam di SMA Negeri 8 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan naratif. Penelitan ini mengambil latar belakang di SMA Negeri 8 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi, baik sumber, teknik, maupun waktu. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Peran guru PAI dalam menangkal radikalisme Islam pada peserta didik SMA N 8 Yogyakarta adalah guru sebagai pendidik, pengajar, model dan teladan, evaluator, dan penggerak. (2) Hasil peran guru PAI dalam menangkal radikalisme Islam adalah guru sebagai pendidik peserta didik mengetahui bahaya radikalisme Islam, sebagai pengajar peserta didik terbuka dalam menerima pemahaman yang berbeda, sebagai model dan teladan peserta didik memiliki sikap toleransi dan cinta tanah air, sebagai evaluator menanamkan agama yang rahmatanlil‟alamin, sebagai penggerak tercipta suasana damai melalui kegiatan sekolah. (3) Faktor pendukung guru PAI dalam menangkal radikalisme kepada peserta didik adanya sarana dan prasarana seperti mushola dan perpustakaan, tata tertib,kerjasama sekolah dengan pihak lain. Faktor penghambat adanya perkembangan IPTEK, dan latar belakang peserta didik date: 2018-03-07 date_type: published pages: 174 institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: Fathul Hidayat, NIM. 13410010 (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANGKAL RADIKALISME ISLAM PADA PESERTA DIDIK SMA N 8 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30653/1/13410010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30653/2/13410010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf