relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30654/
title: STRATEGI PEMBELAJARAN PAI PADA ANAK AUTIS  DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN
creator: FAIZUN MARSHUS, NIM. 13410014
subject: Pendidikan Agama Islam
description: Latar belakang penelitian ini adalah bahwa anak autis sebagai anak yang  memiliki kesibukan dengan dunianya sendiri yang ditandai dengan adanya tiga  gangguan utama yaitu gangguan interaksi sosial, gangguan komunikasi dan  gangguan perilaku yang berdampak pada sulitnya anak untuk fokus dan  mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Dengan demikian pembelajaran anak  autis tidak dapat disamakan dengan pembelajaran anak normal. Ada strategi  khusus yang diterapkan dalam pembelajaran agar anak autis dapat mengikuti  proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang  strategi pembelajaran PAI pada anak autis yang diimplementasikan di Sekolah  Khusus Taruna Al-Qur’an beserta faktor pendukung dan penghambat dalam  mengimplementasikan strategi pembelajaran PAI pada anak autis di Sekolah  Khusus Taruna Al-Qur’an.  Penilitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar  Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan  dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi.  Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil  dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan  data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan  menggunakan sumber ganda dan metode ganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi pembelajaran PAI pada  anak autis di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an terlaksana dengan baik, hal ini  dapat dilihat dari kegiatan pembelajarannya yang sesuai dengan keadaan,  kebutuhan dan kemampuan anak. Strategi pembelajaran yang diterapkan adalah  strategi ABA (Applied Behavior Analysis) untuk membentuk kepatuhan anak  autis, strategi Cycle Time untuk membiasakan ibadah shalat dan perbuatan baik,  strategi Chaining untuk membuat anak autis mengerti materi yang disampaikan  guru, dan strategi Prompting untuk membantu anak autis melakukan sesuatu  dengan benar. Melalui strategi pembelajaran PAI yang sudah diimplementasikan,  anak autis telah mampu melaksanakan shalat wajib dan sunnah, membaca Al-  Qur’an, menghafal surat-surat pendek yang ada pada juz 30, menghafal doa-doa  pilihan, mengetahui rukun Islam dan rukun iman, nama-nama malaikat beserta  tugasnya dan melakukan perbuatan baik. 2) Faktor pendukung meliputi: hafalan  yang kuat, keterlibatan orang tua, high function autism, sistem pembelajaran one  by one, penganangan multidisiplin ilmu, dan lingkungan belajar yang mendukung.  Sedangkan faktor-faktor yang menghambat: tantrum, sulit fokus, low function  autism, cycle time, kurangnya kreativitas guru dalam mengajar dan sarana  prasarana yang terbatas.
date: 2018-01-05
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30654/1/13410014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30654/2/13410014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
identifier:   FAIZUN MARSHUS, NIM. 13410014  (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN PAI PADA ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.