eprintid: 30654
rev_number: 11
eprint_status: archive
userid: 6
dir: disk0/00/03/06/54
datestamp: 2018-11-16 02:54:53
lastmod: 2018-11-16 02:55:00
status_changed: 2018-11-16 02:54:53
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: FAIZUN MARSHUS, NIM. 13410014
title: STRATEGI PEMBELAJARAN PAI PADA ANAK AUTIS
DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN
ispublished: pub
subjects: P
divisions: jur_pai
full_text_status: restricted
keywords: Strategi Pembelajaran, PAI, Anak Autis
note: Dr. Suwadi, M.Ag, M.Pd
abstract: Latar belakang penelitian ini adalah bahwa anak autis sebagai anak yang
memiliki kesibukan dengan dunianya sendiri yang ditandai dengan adanya tiga
gangguan utama yaitu gangguan interaksi sosial, gangguan komunikasi dan
gangguan perilaku yang berdampak pada sulitnya anak untuk fokus dan
mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Dengan demikian pembelajaran anak
autis tidak dapat disamakan dengan pembelajaran anak normal. Ada strategi
khusus yang diterapkan dalam pembelajaran agar anak autis dapat mengikuti
proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang
strategi pembelajaran PAI pada anak autis yang diimplementasikan di Sekolah
Khusus Taruna Al-Qur’an beserta faktor pendukung dan penghambat dalam
mengimplementasikan strategi pembelajaran PAI pada anak autis di Sekolah
Khusus Taruna Al-Qur’an.
Penilitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar
Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan
dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi.
Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil
dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan
data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan
menggunakan sumber ganda dan metode ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi pembelajaran PAI pada
anak autis di Sekolah Khusus Taruna Al-Qur’an terlaksana dengan baik, hal ini
dapat dilihat dari kegiatan pembelajarannya yang sesuai dengan keadaan,
kebutuhan dan kemampuan anak. Strategi pembelajaran yang diterapkan adalah
strategi ABA (Applied Behavior Analysis) untuk membentuk kepatuhan anak
autis, strategi Cycle Time untuk membiasakan ibadah shalat dan perbuatan baik,
strategi Chaining untuk membuat anak autis mengerti materi yang disampaikan
guru, dan strategi Prompting untuk membantu anak autis melakukan sesuatu
dengan benar. Melalui strategi pembelajaran PAI yang sudah diimplementasikan,
anak autis telah mampu melaksanakan shalat wajib dan sunnah, membaca Al-
Qur’an, menghafal surat-surat pendek yang ada pada juz 30, menghafal doa-doa
pilihan, mengetahui rukun Islam dan rukun iman, nama-nama malaikat beserta
tugasnya dan melakukan perbuatan baik. 2) Faktor pendukung meliputi: hafalan
yang kuat, keterlibatan orang tua, high function autism, sistem pembelajaran one
by one, penganangan multidisiplin ilmu, dan lingkungan belajar yang mendukung.
Sedangkan faktor-faktor yang menghambat: tantrum, sulit fokus, low function
autism, cycle time, kurangnya kreativitas guru dalam mengajar dan sarana
prasarana yang terbatas.
date: 2018-01-05
date_type: published
pages: 200
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   FAIZUN MARSHUS, NIM. 13410014  (2018) STRATEGI PEMBELAJARAN PAI PADA ANAK AUTIS DI SEKOLAH KHUSUS TARUNA AL-QUR’AN.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30654/1/13410014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30654/2/13410014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf