relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30659/
title: EFEKTIVITAS PROGRAM PESANTREN TAHFIDZ DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA
creator: Annisa Rhamadani Putri, NIM.13410033
subject: Pendidikan Agama Islam
description: Latar belakang masalah penelitian ini ialah kegiatan yang berkaitan dengan  upaya pemeliharaan Al-Qur’an masih berlangsung terus menerus tanpa henti.  Ummat Islam yang menghafal Al-Qur’an semakin lama semakin meningkat  meskipun mengalami tantangan hidup yang semakin kompleks. Di Indonesia  sendiri mulai banyak didirikan lembaga Al-Qur’an dari yang formal maupun non  formal. Salah satunya lembaga pendidikan formal yang memiliki program khusus  menghafal Al-Qur’an adalah SMP IT Abu Bakar Yogyakarta.Dalam rangka  mewujudkan salah satu misinya yaitu menyelenggarakan program pembinaan  pribadi qur’ani secara intensif, SMP IT Abu Bakar Yogyakarta mengadakan  program Pesantren Tahfidz (PETA) sebagai sarana bagi para siswa untuk  mengoptimalkan kemampuan dalam menghafalkan ayat-ayat Alqur’an dengan  cepat. Sehingga siswa memiliki motivasi dan terpacu untuk menghafalkan  Alqur’an.  Rumusan masalah yang ada dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan  program pesantren tahfidz, dan bagaimana efektivitas program pesantren tahfidz  tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program  pesantren tahfidz dan efektivitas dari program pesantren tahfidz di SMP IT Abu  Bakar Yogyakarta.  Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif  kualitatif dengan mengambil latar di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta.  Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi.  Analisis data dengan mengumpulkan seluruh data untuk ditelaah, mereduksi data,  menyajikan data kemudian ditarik kesimpulan dan verifikasi data. Pengujian  keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, yakni triangulasi sumber dan  triangulasi metode. Analisis data didukung dengan analisis kuantitatif.  Hasil penelitian: (1) pelaksanaan program pesantren tahfidz di SMP IT Abu  Bakar Yogyakarta dilaksanakan 4 kali dalam seminggu mulai pukul 15.30 sampai  dengan pukul 16.30. Dalam program ini menerapkan metode klasikal pada  masing-masing kelompok ketika pembukaan untuk membaca doa, asmaul husna,  sholawat dan muroja’ah juz 29. Kemudian metode privat (sorogan) untuk proses  setoran hafalan kepada guru pembimbing. (2) Secara keseluruhan, pelaksanaan  program pesantren tahfidz dinilai sudah cukup efektif baik dari segi evaluasi  context, input, process, maupun product, yaitu dengan skor 133 dari skor  maksimal 200.
date: 2018-03-06
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30659/1/13410033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
format: text
language: id
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30659/2/13410033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
identifier:   Annisa Rhamadani Putri, NIM.13410033  (2018) EFEKTIVITAS PROGRAM PESANTREN TAHFIDZ DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.