TY  - THES
N1  - Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd
ID  - digilib30659
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30659/
A1  - Annisa Rhamadani Putri, NIM.13410033
Y1  - 2018/03/06/
N2  - Latar belakang masalah penelitian ini ialah kegiatan yang berkaitan dengan
upaya pemeliharaan Al-Qur?an masih berlangsung terus menerus tanpa henti.
Ummat Islam yang menghafal Al-Qur?an semakin lama semakin meningkat
meskipun mengalami tantangan hidup yang semakin kompleks. Di Indonesia
sendiri mulai banyak didirikan lembaga Al-Qur?an dari yang formal maupun non
formal. Salah satunya lembaga pendidikan formal yang memiliki program khusus
menghafal Al-Qur?an adalah SMP IT Abu Bakar Yogyakarta.Dalam rangka
mewujudkan salah satu misinya yaitu menyelenggarakan program pembinaan
pribadi qur?ani secara intensif, SMP IT Abu Bakar Yogyakarta mengadakan
program Pesantren Tahfidz (PETA) sebagai sarana bagi para siswa untuk
mengoptimalkan kemampuan dalam menghafalkan ayat-ayat Alqur?an dengan
cepat. Sehingga siswa memiliki motivasi dan terpacu untuk menghafalkan
Alqur?an.
Rumusan masalah yang ada dalam skripsi ini adalah bagaimana pelaksanaan
program pesantren tahfidz, dan bagaimana efektivitas program pesantren tahfidz
tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan program
pesantren tahfidz dan efektivitas dari program pesantren tahfidz di SMP IT Abu
Bakar Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif
kualitatif dengan mengambil latar di SMP IT Abu Bakar Yogyakarta.
Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi.
Analisis data dengan mengumpulkan seluruh data untuk ditelaah, mereduksi data,
menyajikan data kemudian ditarik kesimpulan dan verifikasi data. Pengujian
keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, yakni triangulasi sumber dan
triangulasi metode. Analisis data didukung dengan analisis kuantitatif.
Hasil penelitian: (1) pelaksanaan program pesantren tahfidz di SMP IT Abu
Bakar Yogyakarta dilaksanakan 4 kali dalam seminggu mulai pukul 15.30 sampai
dengan pukul 16.30. Dalam program ini menerapkan metode klasikal pada
masing-masing kelompok ketika pembukaan untuk membaca doa, asmaul husna,
sholawat dan muroja?ah juz 29. Kemudian metode privat (sorogan) untuk proses
setoran hafalan kepada guru pembimbing. (2) Secara keseluruhan, pelaksanaan
program pesantren tahfidz dinilai sudah cukup efektif baik dari segi evaluasi
context, input, process, maupun product, yaitu dengan skor 133 dari skor
maksimal 200.
PB  - UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
KW  - Efektivitas
KW  -  Program Pesantren Tahfidz
M1  - skripsi
TI  - EFEKTIVITAS PROGRAM PESANTREN TAHFIDZ DI SMP IT ABU BAKAR YOGYAKARTA
AV  - restricted
EP  - 186
ER  -