eprintid: 30666
rev_number: 11
eprint_status: archive
userid: 6
dir: disk0/00/03/06/66
datestamp: 2018-10-24 08:19:49
lastmod: 2018-10-24 08:19:56
status_changed: 2018-10-24 08:19:49
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: ABDUL FARIZ AZIZI, NIM: 13410100
title: NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN DAN
RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
ispublished: pub
subjects: P
divisions: jur_pai
full_text_status: restricted
keywords: Nilai Kepemimpinan, Kompetensi Kepemimpinan
note: Dr. H. Maragustam, MA
abstract: Latar belakang penelitian ini adalah pada zaman ini, tuntutan menjadi
seorang pemimpin yang menjadi suritauladan yang baik untuk masyarakat
sangatlah dibutuhkan di masyarakat pada era sekarang. Sebagai seorang guru
agama, ia dituntut untuk memenuhi kompetensi kepemimpinannya, karena
seorang guru agama bukan hanya menjadi seorang pendidik saja tetapi ia juga bisa
sebagai tokoh agama di masyarakat yang mengerti agama secara lebih. Dalam
surah al- Baqarah ayat 30, al-Maidah ayat 51-53 dan al-Kahfi ayat 83-90
menjelaskan bahwa nilai-nilai pemimpin yang terkandung ayat tersebut yaitu
harus memiliki akhlak yang mulia, cinta kasih sayang, memberikan motivasi,
pelindung serta toleran terhadap masyarakat, memiliki emosi yang stabil, dan
memiliki keterampilan sosial. Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana
nilai-nilai kepemimpinan islam dalam surah al-Baqarah ayat 30, al-Maidah ayat
51-53, al-Kahfi ayat 83-90 dan bagaimana relevansinya dengan kompetensi
kepemimpinan guru Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui nilai-nilai kepemimpinan dalam surah al-Baqarah ayat 30, al-Maidah
ayat 51-53, al-Kahfi ayat 83-90 dan relevansinya dengan kompetensi
kepemimpinan guru Pendidikan Agama Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research).
Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi. Metode analisis data
dalam penelitian ini dengan menggunakan metode analisis isi (Content Analisys)
yaitu dengan memberikan pengertian pada isi tersebut dan makna terhadap datadata
yang berhasil dikumpulkan sehingga bisa ditarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukan: pertama, larangan menjadikan non muslim
sebagai pemimpin masyarakat muslim, kedekatan pemimpin terhadap
masyarakatnya, menjadikan pemimpin yang baik yang dapat menangkap aspirasi
masyaraktnya, sebagai pemimpin harus bisa merangkul masyarakatnya secara adil
walaupun beda agama, harus memiliki akhlak yang mulia, cinta kasih sayang,
memberikan penolong dan pelindung, toleran. Kedua, relevansinya dengan
kompetensi kepemimpinan guru Pendidikan Agama Islam, yakni: (1) kemampuan
membuat perencanaan pembudayaan pengamalan ajaran agama dan perilaku
akhlak mulia, (2) kemampuan mengorganisasikan potensi unsur sekolah secara
sistematis, (3) kemampuan menjadi innovator, motivator, fasilitator, pembimbing
dan konselor, (4) kemampuan menjaga, mengendalikan dan megarahkan
pembudayaan pengamalan ajaran agama dan menjaga keharmonisan hubungan
antar pemeluk agama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia.
date: 2018-02-15
date_type: published
pages: 140
institution: UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
thesis_name: other
citation:   ABDUL FARIZ AZIZI, NIM: 13410100  (2018) NILAI-NILAI KEPEMIMPINAN ISLAM DALAM AL-QUR’AN DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30666/1/13410100_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30666/2/13410100_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf