relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30696/ title: KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MIMA 37 SUNAN KALIJOGO AMBULU JEMBER creator: M. Sholahuddin Amrulloh, NIM: 1520420018 subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah description: Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) pada aspek keterampilan proses sains dan kreativitas peserta didik. 2) Mengetahui keterampilan proses sains peserta didik pada pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). 3) Mengetahui kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas V MIMA 37 Sunan Kalijogo. Pengambilan data berkaitan dengan keterampilan proses sains dan kreativitas peserta didik pada pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam mata pelajaran IPA. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan; 1) Pelaksanaan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam mata pelajaran IPA di MIMA 37 Sunan Kalijogo Ambulu Jember meliputi tiga tahapan. Tahap pendahuluan dibuka dengan salam dan do'a, guru memberikan apersepsi, dan guru memberikan tugas dan tanya jawab sekitar tugas. Tahap kegiatan inti meliputi: peserta didik kerja kelompok, diskusi kelompok, mempresentasikan hasil diskusi, dan tanya jawab hasil diskusi antar kelompok. Tahap penutup meliputi: peserta didik bersama kelompoknya menyimpulkan dan dibantu oleh guru, guru memberi instruksi untuk tugas dan materi yang dipelajari pada pertemuan berikutnya, guru menutup pelajaran dengan do’a. 2) Keterampilan proses sains peserta didik pada pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dikembangkan dalam tiga tahap. Tahap pertama pendahuluan, ada dua aspek yaitu aspek mengamati dan aspek berkomunikasi. Tahap kedua kegiatan inti, yaitu aspek mengamati atau observing, aspek berkomunikasi, aspek memperkirakan atau memprediksi, aspek mengukur, aspek pengumpulan data, aspek klasifikasi, dan aspek menafsirkan data. Tahap ketiga penutup,yaitu aspek menyimpulkan dan aspek berkomunikasi. 3) Kreativitas peserta didik dalam pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dikembangkan dalam tiga tahap. Tahap pertama pendahuluan, yaitu rasa ingin tahu. Tahap kedua kegiatan inti, yaitu aspek rasa ingin tahu, tekun dan tidak mudah bosan, percaya diri dan mandiri, tertantang oleh kemajemukan dan kompleksitas, dan berani mengambil resiko. Tahap penutup yaitu aspek berpikir divergen. date: 2018-01-31 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30696/1/1520420018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf format: text language: id identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/30696/2/1520420018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf identifier: M. Sholahuddin Amrulloh, NIM: 1520420018 (2018) KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM MATA PELAJARAN IPA KELAS V DI MIMA 37 SUNAN KALIJOGO AMBULU JEMBER. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.